Hanya 107 Ribu Penonton, Mengapa Film Ben & Jody Gagal Mengulang Sukses Dua Film Pendahulunya?

Indra Kurniawan Senin, 21 Pebruari 2022 15:30:43
Film Ben & Jody gagal menyamai jumlah penonton Filosofi Kopi dan Filosofi Kopi 2.

TABLOIDBINTANG.COM - Film Ben & Jody gagal menyamai jumlah penonton Filosofi Kopi dan Filosofi Kopi 2. Apalagi melampaui. Diputar di seluruh jaringan bioskop Tanah Air pada 27 Januari 2022, melansir data filmindonesia.or.id Ben & Jody hanya mampu menjaring 107.803 penonton. Angka yang terpaut jauh dari dua film pendahulunya.

Film Ben & Jody salah satu film yang ditunggu-tunggu penayangannya oleh penikmat film Indonesia. Sejak promonya gencar dan trailernya tayang euforia akan film besutan sutradara Angga Dwimas Sasongko terlihat di media sosial.

Kenyataannya, berbanding terbalik. Promo yang masif dan kehebohan di media sosial tidak tampak di bioskop. Okelah, hari pertama berhasil mengumpulkan 27.399 penonton. Namun setelah itu, tak terdengar lagi. Target produser hingga turun layar pun tampaknya tidak tercapai.

Mengherankan memang film sekelas Ben & Jody Tidak berhasil menjaring banyak penonton. Ben & Jody film berkualitas. Selain diarahkan sutradara bertangan dingin, deretan aktor yang mengisi daftar pemain juga tidak sembarang. Mereka aktor-aktor yang kemampuan aktingnya di atas rata-rata.

Terlebih saat melakukan adegan baku hantam, benar-benar total. Namun harapan tak sesuai realita. Momen perilisan yang dinilai kurang tepat ditengarai membuat Ben & Jody kurang mendapat perhatian dari penikmat film Indonesia. Pada minggu perilisan, Ben & Jody mendapat saingan dari film Spider-Man: No Way Home.

Namun pesaing terberat adalah dari sesama film Indonesia, yaitu Dear Nathan: Thank You Salma dan Merindu Cahaya de Amstel yang walau edar lebih dulu masih diminati oleh penonton. Seminggu setelah Ben & Jody diputar, muncul Kukira Kau Rumah yang berhasil menyedot ratusan ribu penonton hanya dalam hitungan hari.

Faktor lain, genre aksi dan petualangan yang ditawarkan oleh Ben & Jody barangkali belum digandrungi penonton Indonesia, kecuali film Hollywood. Lain halnya jika genre aksi murni. The Raid telah membuktikan. Edar 2012 film yang dibintangi Iko Uwais dan Joe Taslim berhasil menghimpun 1,8 juta penonton.

Apa pun itu, trilogi Filosopi Kopi dari 1 sampai 3 sebetulnya tidak ada yang benar-benar meledak sampai 1 juta penonton. Dua film pendahulunya, Filosopi Kopi (2015) disaksikan 231.339 penonton dan Filosofi Kopi the Movie 2: Ben & Jody tidak sampai 500 ribu. 


Penulis Indra Kurniawan
Editor Ari Kurniawan
Install App Bion
Akses berita dan gosip lebih mudah
Download Aplikasi Android
Google playstore