Disebut-sebut Pengalaman Pribadi Ahmad Dhani, Ternyata Ide Lagu Pupus Dewa 19 Berasal dari Sosok Ini

Indra Kurniawan | 7 Maret 2022 | 06:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Ahmad Dhani telah mencipta banyak lagu hit untuk grup musik Dewa 19. Salah satunya "Pupus" dari album Cintailah Cinta. Banyak yang mengira lirik lagu tersebut ditulis berdasarkan pengalaman pribadinya ditolak perempuan.

Album Bintang Lima menjadi pembuktian, meski berganti vokalis dari Ari Lasso ke Once Mekel, nama Dewa 19 malah semakin berkibar. Hampir semua lagi di album yang kasetnya terjual jutaan kopi menjadi hit.

Tak melulu ditulis berdasarkan pengalaman pribadi, lagu "Pupus" justru dibuat untuk memenuhi tantangan seorang teman. Kepada Dhani, teman itu menantangnya untuk membuat tema lagu soal kesedihan atau kerapuhan.

"Lagu Pupus itu kan orang pikir saya yang mengalami benaran. Padahal saya enggak mengalami," kata Ahmad Dhani dikutip dari kanal YouTube Rhoma Irama Official, Minggu (6/3).

"Kebetulan saya punya teman namanya Mas Tito almarhum - semoga arwahnya tenang di sana, dia ngomong sama saya, 'Coba bikin lagu yang ada kata-kata cinta bertepuk sebelah tangan.' Artinya ditolak lah," sambungnya.

Bingung juga Dhani, sebab dia mengaku tidak punya pengalaman ditolak perempuan. "Tapi saya harus membuat lagu itu karena menurut saya bagus (temanya) cinta bertepuk sebelah tangan. Kata-kata itu sudah jarang didengar orang," menurut Ahmad Dhani.

Dhani akhirnya coba menulis lirik dan merangkai nada-nadanya. Begitu jadi dan dimasukkan ke album keenam Dewa 19 tak disangka disukai banyak orang. Lagu itu sampai sekarang menjadi lagu wajib patah hati.

"Alhamdulillah sukses lagunya," ucap suami dari anggota DPR-RI Mulan Jameela.

Ahmad Dhani kini tengah mempersiapkan konser 30 kota 30 lagu dalam rangka HUT ke-30 Dewa 19 berkarya. Selain menggandeng Once dan Virzha sebagai vokalis, Dewa 19 juga menggaet solis Marcello Tahitoe alias Ello. Mereka siap menghibur Baladewa dengan lagu-lagu hit sepanjang masa Dewa 19. 

Penulis : Indra Kurniawan
Editor: Indra Kurniawan
Berita Terkait