Pernah Digunakan Putri Diana, Camilla Parker Bowles Tak Mau Pakai Gelar Princess of Wales

Binsar Hutapea | 24 Maret 2022 | 12:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Menjadi bagian dari keluarga Kerajaan Inggris berarti mendapatkan banyak hak istimewa. Salah satunya adalah mendapatkan gelar kerajaan. Namun, Camilla Parker Bowles, istri Pamgeran Charles, gelar kerajaan bukanlah sesuatu yangnpenting.

Ketika Camilla bergabung dengan keluarga kerajaan, dia diberi gelar Duchess of Cornwall. Secara teknis, Camilla juga berhak menggunakan gelar Princess of Wales, karena Charles menyandang gelar Prince of Wales. Tetapi dia tidak melakukannya karena gelar itu digunakan oleh Diana selama pernikahannya dengan Charles. “Setelah pernikahan mereka pada 2005, Camilla menyandang gelar Duchess of Cornwall yang sebenarnya merupakan gelar sekundernya — secara hukum dia adalah Princess of Wales,” kata editor kerajaan Victoria Howard dalam film dokumenter 2020 Charles & Camilla: King and Queen in Waiting. "Tapi Camilla tahu betapa publik menyukai Diana, jadi dia tidak akan menjadi Princess of Wales berikutnya."

Mantan sekretaris pers kerajaan Dickie Arbiter juga menambahkan bahwa Camilla tidak terlalu memusinkan gelar kerajaan: “Dia cukup nyaman dengan itu (Duchess of Cornwall). Gelar tidak masalah bagi Camilla. Dia tidak terlalu peduli sedikit pun apa panggilannya — selama dia tidak disebut kasar,” ujarnya.

Camilla kemungkinan akan mendapatkan gelar lain di masa depan ketika Charles menjadi raja. Sebagai istri seorang raja, dia akan menjadi Ratu Permaisuri. Ratu Elizabeth II mengumumkan bahwa dia akan mendukung pemberian gelar ini kepada Camilla. “Ketika, pada waktunya, putra saya Charles menjadi Raja, saya saya tahu Anda (rakyat Inggris) akan memberinya dan istrinya Camilla dukungan yang sama seperti yang telah Anda berikan kepada saya,” kata Yang Mulia Ratu Elizabeth II dalam sebuah pernyataan pada Februari 2022. Ratu juga Camilla akan terus melanjutkan pengabdiannya setelah menjadi Ratu Permaisuri.

Penulis : Binsar Hutapea
Editor: Binsar Hutapea
Berita Terkait