Selain Will Smith, Ini 5 Orang yang Masuk Daftar Hitam Oscar

Supriyanto | 11 April 2022 | 11:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Buntut kejadian menampar Chris Rock di atas panggung Oscar 2022, Will Smith dicoret dari Oscar dan dilarang tampil di acara yang berkaitan dengan The Academy selama 10 tahun. Keputusan tersebut dikeluarkan The Academy berdasar pertimbangan para petinggi.

"Hari ini (Jumat, 8 April 2022) Dewan Gubernur melakukan pertemuan untuk mendiskusikan bagaimana sebaiknya kami merespons aksi Will Smith di Oscar, bersamaan dengan kami menerima pengunduran dirinya. Dewan Gubernur memutuskan, selama 10 tahun sejak 8 April 2022, Will Smith dilarang untuk menghadiri acara yang berkaitan dengan Academy, secara langsung maupun virtual, termasuk dan tidak terbatas pada Academy Awards," tulis pernyataan resmi The Academy yang disebar luaskan.

Dalam siaran pers yang dikeluarkan, komite Oscar juga meminta maaf kepada semua tamu, anggota Academy, dan penonton di seluruh dunia atas kekerasan yang terjadi di panggung Oscar 2022. Kepada Chris Rock, The Academy berterimakasih karena tetap menjalankan pekerjaannya meski ditampar oleh Will Smith.

"Tindak lanjut atas perilaku Will Smith yang kami buat ini adalah langkah demi tujuan besar melindungi semua penampil dan tamu, dan juga mengembalikan kepercayaan kepada Academy. Kami juga berharap ini sebagai awal untuk memulai pemulihan untuk semua yang terlibat dan terdampak," kata The Academy.

Will Smith menambah daftar nama-nama aktor yang mendapat catatan hitam dari The Academy yang dilarang tampil di Oscar 2022.

Sebelum Will Smith, ada sejumlah aktor yang juga ditandai buruk oleh The Academy. Mereka ditendang dan masuk daftar hitam karena kasus yang berbeda. Berikut daftar nama-nama publik figur yang pernah dilarang tampil di Oscar:

1. Carmine Caridi

Carmine Caridi adalah aktor pertama yang masuk daftar hitam The Academy. Hal ini karena pemeran The Godfather Part II itu ketahuan menyebarkan file film bajakan ke internet di tahun 2004. Aktor kelahiran 23 Januari 1934 itu pernah main juga dalam film Top Dog (1995), Summer Rental (1985), hingga Split Decisions (1988).

2. Harvey Weinstein

Harvey Weinstein seorang produser dikeluarkan dari The Academy setelah deretan pelecehan seksual yang dilakukannya. Meski terbukti bersalah, piala Oscar tetap diberikan.  Ia sudah memproduksi film-film seperti Shakespeare In Love hingga Kill Bill.

3. Bill Cosby

Tahun 2018, komedian dan aktor Bill Cosby dikeluarkan dari The Academy setelah dinyatakan bersalah melakukan pelecehan seksual. Bill Cosby dikenal lewat film-film komedi seperti Jack (1996), Ghost Dad (1990), hingga Fat Albert (2004).

4. Roman Polanski

Di tahun yang sama dengan Bill Cosby, sutradara Roman Polanski dikeluarkan dari The Academy dengan tudingan yang sama, skandal pelecehan seksual di industri film Hollywood.
Tudingan buat Roman Polanski sudah beredar lebih dari satu dekade di Hollywood tapi dia tetap memenangkan piala Oscar meski kabar tersebut jadi rahasia umum.

5. Adam Kimmel

Sinematografer Adam Kimmel dikeluarkan tahun 2021 oleh The Academy. Adam Kimmel juga diketahui pernah melakukan pelecehan seksual terhadap anak di bawah umur.

Penulis : Supriyanto
Editor: Supriyanto
Berita Terkait