Rekomendasi Gitar Akustik untuk Pemula

tabloidbintang.com Rabu, 20 April 2022 04:30:06
Sebenarnya, gitar akustik dan gitar klasik sama-sama menghasilkan bunyi secara akustik.

TABLOIDBINTANG.COM - Saat mendengar istilah “gitar akustik”, gitar seperti apa yang ada di bayangan kalian? Apa bedanya dengan “gitar klasik”?

Sebenarnya, gitar akustik dan gitar klasik sama-sama menghasilkan bunyi secara akustik melalui lubang suara atau disebut juga “sound hole” sehingga terkadang keduanya dianggap satu jenis.

Tapi gitar akustik dan gitar klasik tetap perlu dibedakan, karena di dunia musik keduanya dianggap sebagai dua alat musik melodis yang berbeda. Di toko alat musik pun, keduanya sering ditempatkan secara terpisah. 

Perbedaan paling utama dari gitar klasik dan gitar akustik adalah dari senar, tali, atau dawai yang digunakan. Pada gitar klasik, menggunakan senar yang terbuat dari nilon pada senar 1 hingga senar 3. Sedangkan untuk gitar akustik, semua senarnya menggunakan logam dengan campuran yang berbeda-beda untuk tiap merek senar gitar akustik. Perbedaan bahan dawai ini mengakibatkan baik gitar klasik dan gitar akustik memiliki konstruksi yang berbeda. 

Mungkin sekarang kalian sudah bisa membayangkan, bahwa kedua gitar tersebut terasa berbeda saat dimainkan. Meskipun ada gitar klasik dengan neck tipis seperti Yamaha NTX, namun pada umumnya gitar klasik cenderung memiliki ukuran lebar neck yang lebih lebar. Sehingga, gitaris yang terbiasa menggunakan gitar klasik mungkin perlu menyesuaikan diri dengan gitar akustik dan sebaliknya. Apalagi, seringkali cara memainkannya juga berbeda. Pada gitar akustik, kunci gitar kerap dimainkan dengan cara digenjreng (strumming) menggunakan pick. Sedangkan pada gitar klasik, kunci gitar biasa dimainkan menggunakan petikan jari.

Bhagas Raditya, Product Marketing Gitar Yamaha mengatakan, hal paling penting yang membedakan gitar klasik dan gitar akustik adalah suaranya. 

“Gitar akustik yang bagus, akan memiliki suara akustik yang lebih nyaring dan keras dari gitar klasik yang lebih lembut. Karena perbedaan ini, gitar klasik lebih sering digunakan untuk memainkan lagu-lagu klasik atau latin. Sedangkan gitar akustik lebih sering digunakan untuk mengiringi penyanyi melantunkan lagu pop atau cover lagu versi akustik,” ungkapnya.

Dari segi harga, baik harga gitar akustik maupun harga gitar klasik sangat bervariasi. Nah, untuk pemula yang hendak belajar gitar atau membuat konten di media sosial, berikut adalah rekomendasi gitar akustik Yamaha terbaik dan original yang cocok jadi pilihan.

Yamaha F310

Yamaha F310 adalah gitar akustik Yamaha yang sudah bertahun-tahun hadir sebagai gitar andalan Yamaha sehingga bentuknya sudah sangat akrab di mata semua orang. Dengan harga yang terjangkau, Yamaha F310 juga memiliki varian FX310 yang memiliki sirkuit elektronik atau biasa disebut preamp, yang memungkinkan ketika manggung pakai gitar ini dapat dengan praktis dan tinggal colok. 

Yamaha F400

Nah, berbeda dengan F310 yang merupakan gitar akustik populer, Yamaha F400 adalah model terbaru dari gitar akustik Yamaha dengan pilihan bentuk body yang berbeda untuk tampilan yang lebih fresh. Karena semua seri F400 memiliki cat matte atau doff yang membuat penampilan gitarnya lebih kalem dan elegan. 

Selain itu, Seri F400 ini juga memiliki varian lain, yaitu FS400 dengan lekukan body yang ramping, dan FS400C dengan cutaway atau lekukan pada body untuk akses nada tinggi. Adanya pilihan bentuk body ini, membantu menentukan bentuk gitar akustik yang terbaik agar sesuai dengan kebutuhan dan penampilan. Gitar seri ini tersedia dalam dua warna, yaitu smoky black dan juga warna natural yang bisa dipilih sesuai gaya kalian.

Jadi, apapun tipe F400 yang dipilih, akan cocok banget untuk jadi gitar akustik pertama kalian sekaligus bikin penasaran orang-orang lain yang bahkan udah main gitar duluan. 
Yamaha APX600M

Untuk Gitar Yamaha APX600 sendiri, merupakan gitar yang paling banyak digunakan karena nyaman dimainkan dan sirkuit elektroniknya yang canggih. Inilah gitar akustik elektrik standar panggung yang biasa dipakai ketika live music akustik. 

Di kelasnya, Yamaha APX600 adalah gitar akustik elektrik terbaik bagi yang belum pernah memiliki gitar akustik elektrik, atau untuk yang biasa main gitar elektrik dan ingin gitar akustik buat manggung tapi tetap punya feel seperti gitar elektrik dapat juga memakai gitar ini. Di seri APX600, kini juga tersedia APX600M dengan finishing cat yang serupa dengan F400, yaitu matte/doff. Jadi jika kalian ingin Yamaha APX yang berbeda dengan yang selama ini digunakan orang-orang, namun tetap memiliki keunggulan yang sama, APX600M adalah jawabannya.

Semua model gitar akustik Yamaha di atas bisa kamu dapatkan di Official Store Yamaha Musik (link to https://bit.ly/YamahaMusikGitar) atau cek updatenya di Instagram @YamahaMusikID dan www.id.yamaha.com. Ingat, gitar akustik original memiliki kualitas yang jauh di atas gitar palsu. Jadi, pastikan kamu selalu membeli produk Yamaha melalui dealer resmi.


Penulis tabloidbintang.com
Editor Tubagus Guritno
Install App Bion
Akses berita dan gosip lebih mudah
Download Aplikasi Android
Google playstore