Film Cinta 5 Unsur, Mengenal Lebih Dalam Budaya Thionghoa di Indonesia

Ari Kurniawan Kamis, 28 April 2022 23:59:57
Sutradara Hendra Martono. (Ari/tabloidbintang.com)

TABLOIDBINTANG.COM - Rumah produksi Lingkar Film mempersiapkan film terbarunya yang diberi judul "Cinta 5 Unsur". Lewat film ini, Hendra Martono selaku sutradara, ingin mengajak penonton mengenal lebih jauh keragaman budaya Thionghoa di Tanah Air. Khususnya kelompok masyarakat yang selama ini dikenal sebagai Cina Benteng atau Ciben.

Mengusung genre romantic comedy, Hendra Martono melibatkan komika Erwin Wu dalam proses penulisan naskah sekaligus konsultan komedi. Salah satu keresahan yang diangkat lewat film ini adalah banyaknya kekeliruan masyarakat dalam mengartikan istilah-istilah dalam budaya Tionghoa. Misalnya soal 3C, yakni Cuan, Cincai, dan Cengli.

"Ada salah kaprah soal Cuan, Cincai, dan Cengli. Di sini kami mau coba meluruskan, apa sih arti yang sebenarya," ujar Hendra Martono,

Judul Cinta 5 Unsur sendiri tak lepas dari kepercayaan orang Thionghoa tentang feng shui dan unsur kehidupan, yakni tanah, air, tanah, kayu, logam, dan api. Lima unsur tersebut dibumbui dengan pesan soal pentingnya berinvestasi.

"Kami sebetulnya sudah ada formulanya. Kami coba untuk menerapkan formula itu. Jadi nanti kita masukin cerita crazy rich yang bodong, dia mau beli rumah, tapi bohong. Ya kayak nyentil para crazy rich yang pernah viral ya," timpal Girry Pratama, yang dalam projek ini bertindak sebagai produser. 

Film Cinta 5 Unsur rencananya mulai diproduksi setelah Lebaran tahun ini. Beberapa nama aktor terkenal sudah dikantongi untuk mengisi daftar pemain. 

"Pemainnya sudah ada, tapi belum bisa dibocorin, nanti saja kalau sudah waktunya. Ya yang pasti aktor berdarah Tionghoa," pungkas Hendra Martono.
 


Penulis Ari Kurniawan
Editor Ari Kurniawan
Install App Bion
Akses berita dan gosip lebih mudah
Download Aplikasi Android
Google playstore