Qodir Band Bentukan Dul Jaelani Rilis Album Seribu Bulan Terinspirasi Masalah Mental Ilnes

Supriyanto Rabu, 18 Mei 2022 12:00:23
Dul Jaelani membentuk grup band Qodir bersama tiga sahabatnya yang terdiri dari Muhammad Xaviar, Deriel Sudiro, dan Axel CB. (Supriyanto/tabloidbintang.com)

TABLOIDBINTANG.COM - Dul Jaelani membentuk grup band Qodir bersama tiga sahabatnya yang terdiri dari Muhammad Xaviar, Deriel Sudiro, dan Axel CB. Senin (16/5) malam di Hard Rock Cafe, Jakarta, Qodir band resmi merilis album perdana bertajuk Seribu Bulan.

Dul sebagai vokalis sekaligus pemain bas mengungkap alasan memilih nama Seribu Bulan untuk album perdananya.

"Kita ini mau ngasih nama album yang tematik gitu, kita mau bikin sisi terang gitu, tapi kalau namanya sisi terang matahari itu kayaknya enngak pantes gitu," jelas Dul Jaelani di Hard Rock Cafe, Sudirman Jakarta Selatan, Senin (16/5).

Putra bungsu Maia Estianti dan Ahmad Dhani itu menyebutkan, Seribu Bulan juga sesuai dengan momen Ramadan saat mereka mengeluarkan album. Dul tidak menampik, Seribu Bulan berhubungan dengan sesuatu yang religius.

"Nah akhirnya Seribu Bulan gitu. Kan Islami banget juga kan jadinya menurut kita nyambung sama musik-musik kita. Kebetulan di album ini temanya banyak jadi kita sepakat Seribu Bulan aja," terang Dul Jaelani.

Soal Qodir, Dul menjelaskan sudah lama bergabung dan membuat karya. Dul dan ketiga sahabatnya, sudah ngeband sejak tahun 2016 hingga akhirnya ditetapkan sebagai band Qodir pada tahun ini.

"Band baru tapi lama. Qodir ini adalah band baru, sudah ada sejak lama dan dibentuk tapi namanya baru. Dulu band ini emang lama kalau tau dulu itu namanya Backdoor tahun 2016. Pada tahun 2021 itu kita rekaman lagi pakai nama ini makanya bisa dibilang kita baru tapi lama gitu," terang Dul Jaelani.

Dalam album perdana mereka, Qodir menghadirkan sembilan lagu baru. Album ini sudah diedarkan sejak 22 April 2022 lalu dan baru diperkenalakan secara resmi hari ini.
 
Qodir banyak terinspirasi dari isu anak muda sekarang seperti soal mental illness. Lagu "Sakit Cinta" ini membahas tentang seseorang yang depresi dan mengalami gangguan jiwa karena jatuh cinta. Bisa dibilang album Seribu Bulan adalah sisi lain dari Dul Jaelani yang ingin mengupas sisi kehidupan anak muda zaman sekarang yang penuh dinamika dan romantikanya.

Dul Jaelani sendiri pernah mendirikan band yang bernama Backdoor pada tahun 2013, yang juga lagu-lagunya menyuarakan hal-hal serupa dengan Band Qodir ini. Namun sayang vakum pada tahun 2016.

Kini, Dul Jaelani menghidupkan kembali band rocknya dengan nama Qodir dengan ruh yang kurang lebih sama dengan Backdoor. Dengan spirit yang baru dan visi yang lebih luas, Qodir ini bisa lebih mengena dalam hal sisi lirik lagunya dan juga tentu saja aransemen musiknya.

(pri)

 


Penulis Supriyanto
Editor Binsar Hutapea
Install App Bion
Akses berita dan gosip lebih mudah
Download Aplikasi Android
Google playstore