Pendapatan KKN di Desa Penari Disebut Lampaui Warkop DKI Reborn, Berapa Keuntungan MD Pictures?

Indra Kurniawan Rabu, 18 Mei 2022 11:30:23
KKN di Desa Penari menuju 7 juta penonton. (Instagram)

TABLOIDBINTANG.COM - KKN di Desa Penari menuju 7 juta penonton untuk menjadi film Indonesia terlaris sepanjang masa, menggeser Warkop DKI Reborn: Jangkrik Boss! Part 1 yang menggaet 6,8 juta pasang mata.

Edar pertama kali 30 April 2022, KKN berhasil menjaring 6,27 juta penonton hingga hari ke-17 penayangan. Diperkirakan hari ke-18 menyentuh angka 6,6 juta, yang artinya dalam pekan ini bisa jadi menembus 7 juta penonton.

Lantas, berapa pendapatan yang dikantongi KKN di Desa Penari? Dikutip dari akun Twitter @bicaraboxoffice, Rabu (18/4), dengan 6,277 juta penonton estimasi pendapatan kotor KKN di Desa Penari adalah Rp 282,465 miliar.

Capaian tersebut menempatkan film yang dibintangi Tissa Biani dan Aulia Sarah bertengger di posisi puncak film Indonesia terlaris sepanjang masa, menyingkirkan Warkop DKI Reborn yang hingga turun layar diperkirakan meraih pendapatan kotor Rp 240 miliar.

"Secara angka gross, sesungguhnya KKN DI DESA PENARI sudah jadi film Indonesia nomor satu sepanjang masa," cuit admin @bicaraboxoffice.

Berapa keuntungan yang didapat oleh MD Pictures selaku rumah produksi pembuat KKN? Begini hitung-hitungan sederhananya. Pemerintah mendapat 20 persen dari pajak tontonan yang diambil dari pendapatan kotor.

Sisa 80 persen dibagi dua antara produser dengan bioskop. Harga tiket bioskop berbeda-beda, tergantung lokasi dan waktu tayang. Tapi jika dirata-rata produser kebagian Rp 17.500 per lembar tiket yang terjual.

Maka dengan 6,277 juta penonton, MD Pictures menerima pendapatan kotor sekitar Rp 109,8 miliar. Sedang pendapatan bersihnya, setelah potong ongkos produksi, promosi, dan lainnya, diperkirakan berada di kisaran Rp 90-an miliar. Fantastis!

"Kok bisa dari jumlah penonton masih gedean Warkop DKI Reborn tapi gross-nya gedean KKN?" tanya netizen. "Harga tiket naik," jawab netizen lain.

Jumlah tersebut akan membengkak seiring jumlah penonton yang semakin bertambah. Gilanya, jika KKN menyentuh angka 7 juta penonton, MD Pictures diperkirakan mendapat keuntungan lebih dari Rp 100 miliar.

(ind)


Penulis Indra Kurniawan
Editor Binsar Hutapea
Install App Bion
Akses berita dan gosip lebih mudah
Download Aplikasi Android
Google playstore