Rama Natan dan Nathan East Kolabirasi Rilis Single "Batik Scat"

tabloidbintang.com Jumat, 20 Mei 2022 21:12:17
Nathan East dan Rama Natan (dok.pribadi)

TABLOIDBINTANG.COM - Musisi jazz Rama Natan berkolaborasi dengan basis lengendaris Nathan East dengan merilis single "Batik Scat".  

Rama Natan yang juga pembetot bas papan atas Tanah Air yang mengawali karir musiknya sejak remaja, merilis single kolaborasi dengan Nathan East di bawah label rekaman yang juga lengendaris, JK Records.

Menurut Rama, judul lagu Batik Scat diambil dari batik yang merupakan kebanggaan Indonesia. Sedangkan scat adalah bagian dari improvisasi lagu yang khusus di kalangan musisi jazz dengan menirukan instrumen dengan mulut bernada sama secara bersamaan dengan musik. 

Lalu bagaimana ceritanya Rama Natan awalnya akhirnya bisa berkolaborasi dengan Nathan East?

"Sebenarnya saya mengenal Natan East sejak 2017 lalu melalui IG, dan saya juga sempat kaget dia follow IG saya. Lebih kagetnya lagi saat saya posting pakai batik ternyata dia melihat senang dan suka, lalu komen "nice batik". Saya spontan bilang "nanti saya belikan". Di tahun 2019 kebetulan dia ikut Java Jazz di Jakarta, saya ketemu dan kasih ke dia batiknya. Saya kaget juga saat dia perfrom live batiknya dipakai. Dari situl ah saya punya inisiatif bikin kolaborasi dengan Nathan East, dan cari cari judul akhirnya "Batik Scat" cukup mewakili,” cerita Rama panjang lebar saat peluncuran "Batik Scat", di kantor JK Records, Jl. Musi - Cideng, Jakarta, Jumat (20/05).

Rama juga menjelaskan bahwa ada filosofi yang tersirat pada lagu "Batik Scat", selain hanya sebagai lambang  di mata Rama, Nathan East ini begitu rendah hati dan berjiwa besar,

"Dia tidak memandang perbedaan, baik itu saya sebagai muridnya, orang Indonesia, ataupun pemula. Dia tetap menghargai semuanya dengan sama. Jadi saya membuat judul "Batik Scat" ini juga untuk mengapresiasi pertemanan dan hubungan antara mentor dan muridnya," ujar Rama.

Basis yang memiliki darah seni dari sang ayah dan ibu ini juga menuturkan, tujuan membuat lagu ini juga dimaksudkan sebagai cindera mata kepada Nathan East. 

"Saya memang les sama Nathan secara online, sudah setahun lamanya. Jadi, punya inisiatif aja untuk membuat kenang-kenangan. Saya share ke Pak Nyo (Produser JK Records) ditanggapi dengan positif dan serius untuk membantu. Jadi ya semuanya berjalan sendirinya saja hingga terbentuk lagunya," terang Rama.

Proses hingga terbentuknya single "Batik Scat" ini memakan waktu kurang lebih setahun. Mengingat ttahun 2021 masih pandemi COVID-19 sehingga recording dilakukan jarak jauh. 

Beberapa musisipun ikut terlibat dalam penggarapan lagu ini, selain Rama Natan (bas dan vokal) dan tentunya Nathan East (bas dan  vokal), ada juga Anjuan Julio S (gitar dan co-writer), Archieta Aditya (Drum), AXL Giovano (Keys), Leonard Nyo Kristianto (Mixing dan Mastering), dan Debbie Johnson (asisten Nathan East). 


Penulis tabloidbintang.com
Editor Tubagus Guritno
Install App Bion
Akses berita dan gosip lebih mudah
Download Aplikasi Android
Google playstore