Viral Grup Qasidah Nasida Ria Tampil di Jerman, Lihat Profilnya

Supriyanto Kamis, 23 Juni 2022 19:00:34
Nasida Ria. (Instagram)

TABLOIDBINTANG.COM - Grup qasidah Nasida Ria sedang menjadi pembicaraan hangat setelah mencatat sejarah tampil di kancah internasional. Mereka dengan personel lengkap tampil memukau ribuan penonton di panggung Dokumenta Fifteen daerah Kassel, Jerman belum lama ini.

Nasida Ria tampil di Kassel, Jerman, sebagai pembuka rangkaian acara yang diselenggarakan sejak 18 Juni hingga 25 September 2022. Acara panggung seni tersebut digelar setiap lima tahun sekali. Penampilan grup qasidah Nasida Ria di panggung Dokumenta sempat viral di media sosial setelah diunggah oleh sapah satu penonton warga Jerman.

Dalam video yang viral di media sosial terlihat grup Nasida Ria ini membawakan lagu "Perdamaian". Aksi Nasida Ria membuat banyak terhibur. Bahkan, tak sedikit pula penonton bagi warga Indonesia ataupun warga lokal yang turut berjoget saat Nasida Ria Tampil.

Banyak warganet Indonesia yang baru mengetahui jika grup qasidah asal Semarang ini sukses tampil di acara festival tersebut. Lantas, siapa Nasida Ria?

Nasida Ria adalah grup qasidah berisi sembilan orang personel wanita. Grup qasidah ini didirikan Muhammad Zain beserta sang istri Mudrikah Zain pada 1975 di daerah Kauman yang ada di Kota Semarang, Jawa Tengah.

Mereka membentuk Nasida Ria dengan misi untuk berdakwah atau menyebarkan ajaran Islam dan menyebarkan kebaikan melalui musik. Makanya, lagu-lagu yang dibawakan Nasida Ria semuanya memiliki pesan kebaikan yang diajarkan dalam agama.

Nama Nasida Ria sendiri berasal dari kata Nasyid yang berarti lagu-lagu atau nyanyian dan kata Ria yang artinya gembira atau bersenang-senang.

Di bawah pimpinan Malik Zain, Nasida Ria tetap eksis di industri musik Tanah Air hingga tahun 2000-an dengan penuh kegembiraan.

Sepanjang kariernya, Nasida Ria sudah mendapatkan banyak penghargaan musik. Kiprah Nasida Ria di industri musik Tanah Air cukup membanggakan. Nasida Ria juga beberapa kali
tampil di panggung festival anak muda, seperti Synchronize Festival.

Penampilan di Jerman kemarin bukan kali pertama Nasida Ria tampil di luar negeri.

Pada 1988, Nasida Ria tampil di Malaysia untuk memeringati perayaan jatuhnya 1 Muharram. Lalu, pada 1994, mereka turut tampil di Berlin, Jerman pada acara festival musik Islam internasional bernama Die Garten des Islam, dan 1996 pada Festival Heimatklange.

Meski genrenya adalah qasidah dan berasal dari tahun 70-an, Nasida Ria juga pernah tampil dalam acara musik masa kini seperti RRREC fest (2016), Holy market (2017), dan Syncronize Fest (2018 dan 2019).


Penulis Supriyanto
Editor Ari Kurniawan
Install App Bion
Akses berita dan gosip lebih mudah
Download Aplikasi Android
Google playstore