Kerap Diisukan Bubar, Ahmad Dhani Bongkar Resep Dewa 19 Bertahan Selama 30 Tahun

Indra Kurniawan Sabtu, 2 Juli 2022 07:00:23
Menurut Aad Dhani, Dewa 19 bertahan karena Queen. (Seno/tabloidbintang.com)

TABLOIDBINTANG.COM - Ahmad Dhani membongkar resep grup musik Dewa 19 bertahan sampai saat ini. Selama 30 tahun, Dewa 19 telah mengalami bongkar pasang personel beberapa kali. Terutama untuk posisi drumer.

Hebatnya, hingga hari ini grup musik yang saat ini digawangi oleh Ahmad Dhani (kibor, vokal), Andra Ramadhan (gitar), Yuke Sampurna (bas), dan Agung Gimbal (drum) mampu bertahan.

Menurut Dhani dikutip dari kanal YouTube Andra Ramadhan, Sabtu (2/7), Dewa 19 bertahan karena grup legendaris Queen. Grup musik asal Britania Raya tersebut menjadi inspirasi Dhani dalam bermusik.

Dewa 19 (Instagram)
Dewa 19 (Instagram)

"Dewa 19 bertahan karena saya ngefans sama Queen. Itu aja sebenarnya. Dari Queen kami banyak dapat pelajaran. Bahkan nasib kami sama dengan Queen, enggak punya penyanyi," ungkap Dhani.

Queen disebut Dhani punya resep-resep ngetop yang bisa dipelajari. Salah satunya bikin album yang banyak lagu enak. Tidak hanya 1 atau 2 lagu tetapi semua lagu. Dewa 19 diklaim Dhani seperti itu.

"Kami punya delapan album yang semuanya hits. Bahkan Once jadi saksi ketika kami bikin album Bintang Lima, semua lagu enggak ada yang percuma," kata Dhani.

"Justru lagu yang paling cemen pun jadi lagu yang paling terkenal sekarang. 'Separuh Nafas'. Lagu itu lagu yang paling tidak kami pikirin. Bahkan enggak ada drum-nya Tyo (Nugros - mantan drumer Dewa) kan. Saking enggak kami pikirin. Cuma drum loops," tambahnya.

Sebagai penggemar berat Queen, Dhani paham betul cara kerja grup yang terkenal dengan lagu "Bohemian Rhapsody" itu. "Kenapa Queen sekarang jadi band legend, jadi itu yang bisa kami tiru dan adaptasi," jelas suami dari Mulan Jameela.

(ind)


Penulis Indra Kurniawan
Editor Binsar Hutapea
Install App Bion
Akses berita dan gosip lebih mudah
Download Aplikasi Android
Google playstore