Rayakan Hari Anak Nasional, PPLIPI Gelar Festival Anak Indonesia

tabloidbintang.com | 8 Agustus 2022 | 19:30 WIB

Dalam rangka merayakan Hari Anak Nasional sekaligus menyambut Hari Ulang Tahun RI yang ke-77, PPLIPI (Perhimpunan Perempuan Lintas Profesi Indonesia)  menggelar Festival Anak Indonesia (FAI) sejak tanggal 1-7 Agustus 2022 di Gandaria City, Jakarta Selatan.

Beragam lomba hingga talkshow digelar untuk memberikan edukasi kepada anak-anak dan orang tua. Diantaranya lomba mewarnai, menggambar, menyanyi, menari, hingga fashion show di penutup acara. 

Ketua Umum PPLIPI, Indah Suryadharma Ali menjelaskan bahwa Festival Anak Indonesia 2022 untuk pertama kalinya digelar untuk merayakan Hari Anak Nasional. “Festival Anak Indonesia ini baru pertama kali kami adakan, dan ternyata animo masyarakat sangat baik dan luar biasa. Acara ini sangat bermanfaat khususnya bagi orangtua dan anak-anak. Jadi ke depannya, InsyaAllah acara FAI akan menjadi agenda tahunan,” kata Indah di sela konferensi pers Festival Anak Indonesia by PPLIPI di Gandaria City, Jakarta Selatan, Minggu (7/8).

Dalam kesempatan yang sama, Kartika Yudhisti, Wakil Ketua Umum Bidang Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak yang sekaligus merupakan penggagas acara FAI 2022 mengatakan, setelah melewati pandemi dua tahun belakangan ini, tak ada salahnya hari anak dirayakan. 

“Kegiatan ini diharapkan bisa menjadi momen bagi anak-anak Indonesia mengnenal bakat dan prestasi mereka serta menjadi pengalaman yang menyenangkan,” jelasnya.

Ditambahkan Feni Hasan, WKU Bidang Seni dan Budaya, melalui kegiatan ini diharapkan kami bisa menjadi wadah untuk anak-anak dalam menampilkan bakat dan prestasi mereka. “Karena banyak anak-anak yang punya bakat dan talenta, namun tidak tahu harus kemana. Untuk itu, kami memberikan wadah. Sehingga, anak-anak tidak melulu bermain gadget selama pandemi, dan bisa mengasah bakat mereka,” ujarnya.

Sebagai organisasi kemasyarakatan, PPLIPI sangat peduli akan pendidikan dan masa depan anak-anak Indonesia.  Hal itu ditunjukkan dengan agenda kegiatan dalam FAI yang bervariasi mulai dari talkshow yang mengangkat isu tentang anak-anak. “Tujuan kami adalah ingin mengajak para orangtua untuk lebih paham dan mengerti persoalan-persoalan yang sering menimpa anak-anak, seperti bullying. Kami berusaha agar kasus bullying anak tidak terjadi lagi,” papar Indah.

Terkait pendidikan, Indah juga menaruh perhatian khusus kepada siswa-siswa berprestasi dari seluruh Indonesia, termasuk pula anak disabilitas. “Hari ini PPLIPI juga akan memberikan penghargaan kepada anak-anak berprestasi secara akademis maupun non akademis, dan juga anak-anak penyandang disabilitas yang menginspirasi, yang kami pilih berdasarkan nominasi dari DPW PPLIPI se-Indonesia. Diharapkan penghargaan dan hadiah untuk anak-anak, dapat memotivasi mereka untuk selalu berkarya dan menjadi generasi yang membanggakan,” tutupnya.

Penulis : tabloidbintang.com
Editor: tabloidbintang.com
Berita Terkait