Ternyata Lagu Jika Surga Dan Neraka Tak Pernah Ada Ahmad Dhani 100 Persen Sama dengan Lagu Penyanyi Swedia

Indra Kurniawan | 24 Agustus 2022 | 04:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Ahmad Dhani musisi jenius. Setiap karya yang dihasilkan selalu mengundang decak kagum. Namun tak sedikit juga menuai tudingan plagiat.

Dalam acara Satu Jam Lebih Dekat Bersama Ahmad Dhani dilihat dari kanal YouTube tvOneNews, suami Mulan Jameela menanggapi tudingan lagu "Jika Surga dan Neraka Tak Pernah Ada" yang dinyanyikan bersama almarhum Chrisye, yang sering dianggap menjiplak lagu penyanyi asal Swedia Stephen Simmonds "Tears Never Dry" dari album Alone.

Tak membantah, Dhani justru mengakui lagunya sama dengan "Tears Never Dry". Ia "Bukan mirip ya, itu 100 persen sama. Bukan sempat dengar, kita beli rights-nya untuk menggantikan lirik," kata Dhani.

Tidak cuma lagu itu. Dhani mengaku juga membeli lisensi lagu lain Sergio Mendes berjudul "Real Life" untuk dialih bahasakan dan diganti liriknya untuk lagu Mulan Jameela Bersama The Virgin "Cinta Mati 2".

"Itu (membeli lisensi) pertama kali di Indonesia saya yang melakukan dan ditiru oleh banyak perusahaan rekaman. Kayak misalnya lagunya Overtunes juga dari lagunya Backstreet Boys apa gitu, diambil diganti lirik, alih bahasa," jelas ayah dari lima anak.

Soal tudingan penjiplak, Ahmad Dhani tak mempermasalahkan dan menganggap akibat ketidaktahuan mereka soal musik. Namanya juga orang awam, kata Dhani harus dimaklumi.

"Kita harus memaklumi kalau ada orang awam yang enggak ngerti. Pengamat musik pun juga ada yang awam, kalau mereka enggak awam pasti mereka enggak akan bicara seperti itu," kata pentolan grup Dewa 19.

(ind)

Penulis : Indra Kurniawan
Editor: Indra Kurniawan
Berita Terkait