Ari Lasso Sebut Once Penyanyi Aneh, Ini Sebabnya

Indra Kurniawan | 16 September 2022 | 07:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Ari Lasso takjub pada Once Mekel. Di usia yang sudah menginjak 52 tahun, kata Ari, suara Once tetap prima dan stabil. Ia pun tanpa sungkan bertanya tip punya suara seperti itu kepada Once.

"Penyanyi aneh, makin tua suaranya makin tinggi. Rahasianya apa bisa makin tinggi suaranya?" tanya Ari Lasso yang menjadi vokalis Dewa 19 dari album pertama 19 hingga album keempat Pandawa Lima dikutip dari kanal YouTube Ari Lasso TV.

Once yang menggantikan Ari Lasso sejak album Bintang Lima (2000), menjelaskan saat ini ia sedang mengembangkan teknik vibrato. Teknik yang sebetulnya tidak pernah ia pakai namun tetap ia asah.

"Gue develop ini, teknik vibrato. Sebenarnya gue enggak pernah pakai vibrato. Cuma gue latihan," aku Once.

"Iya sama, kita, kan enggak ada (vibrato). Ternyata pengaruh ya," sahut Ari merespons.

Ari Lasso menilai kombinasi suara kepala dan suara dada Once sudah sempurna. Once mampu menjangkau nada-nada tinggi tanpa cacat.

"Itu, kan enggak falset (falseto), enggak full kan? Hebat loe gue perhatiin," kata Ari.

Ari Lasso dan Once saat ini secara bergantian dengan Virzha dan Marcello Tahitoe juga mengisi posisi vokalis Dewa 19. Sepeninggal Once Mekel, band asal Surabaya itu tidak punya vokalis tetap.

Leempat vokalis tersebut memiliki keunikan suara sendiri-sendiri, yang saling melengkapi satu sama lain. Akhir pekan lalu Once dan Ari Lasso terlibat dalam konser Dewa 19 di Kuala Lumpur Malaysia.

Penulis : Indra Kurniawan
Editor: Indra Kurniawan
Berita Terkait