Pangeran Harry dan Elton John Tempuh Langkah Hukum Terhadap Tabloid Inggris karena Hal Ini

Indra Kurniawan | 7 Oktober 2022 | 09:00 WIB

Pangeran Harry, Elton John, dan Elizabeth Hurley telah mengajukan tuntutan hukum terhadap Associated Newspapers, penerbit tabloid Inggris Daily Mail dan Mail on Sunday. Pangeran Harry dan Elton John adalah yang terbaru.

Selain mereka, Associated Newspapers juga menghadapi tuntutan yang diajukan oleh Sadie Frost dan Baroness Doreen Lawrence dari Clarendon. Menurut dokumen pengadilan yang diperoleh Variety, tiga tuntutan hukum terpisah telah diajukan terhadap penerbit tersebut di Pengadilan Tinggi London oleh Gunnercooke, yang mewakili Elton and Furnish, Elizabeth dan Doreen.

Sementara tuntutan hukum Pangeran Harry dan Sadie belum muncul dalam catatan pengadilan tetapi firma hukum mereka telah mengonfirmasi bahwa langkah hukum siap diambil oleh mereka. Menurut siaran pers 6 Oktober yang dibagikan kepada E!News dari firma hukum Hamlins (yang mewakili Pangeran Harry dan Frost), mereka telah menjadi korban aktivitas kriminal yang menjijikan dan pelanggaran hak privasi oleh Associated Newspapers.

"Orang-orang ini telah menyadari bukti yang meyakinkan dan sangat menyedihkan bahwa mereka telah menjadi korban aktivitas kriminal yang menjijikkan dan pelanggaran privasi oleh Associated Newspapers," jelasnya.

Dalam siaran persnya, Firma Hukum Pangeran Harry menuduh Associated Newspapers mempekerjakan penyelidik swasta untuk secara diam-diam menempatkan perangkat pendengar di dalam mobil dan rumah orang, menugaskan individu untuk mendengarkan dan merekam panggilan telepon orang.

Selain itu membayar pejabat polisi, yang memiliki hubungan korup dengan penyelidik swasta, untuk informasi sensitif orang dalam. Penerbit juga dituduh bertanggung jawab atas "peniruan identitas individu untuk mendapatkan informasi medis dari rumah sakit swasta, klinik, dan pusat perawatan", dan "mengakses rekening bank, riwayat kredit, dan transaksi keuangan melalui cara dan manipulasi terlarang."

Sebagai tanggapan, juru bicara Associated Newspapers membagikan pernyataan kepada E!News pada 6 Oktober. Mereka menolak klaim yang diajukan terhadap organisasi.

"Kami benar-benar dan dengan jelas menyangkal fitnah yang tidak masuk akal ini yang tampaknya tidak lebih dari upaya yang direncanakan dan diatur sebelumnya untuk menyeret judul-judul Mail ke dalam skandal peretasan telepon mengenai artikel-artikel yang berusia hingga 30 tahun," demikian bunyi pernyataan mereka.

"Klaim-klaim yang tidak berdasar dan sangat memfitnah ini—berdasarkan tidak ada bukti yang kredibel—tampaknya hanya ekspedisi penangkapan ikan oleh penggugat dan pengacara mereka, beberapa di antaranya telah mengejar kasus di tempat lain," tambahnya.

Ini bukan gugatan pertama yang diajukan Pangeran Harry terhadap tabloid milik Associated Newspapers. Duke of Sussex saat ini memiliki kasus pencemaran nama baik yang sedang berlangsung terhadap Mail on Sunday. Pada Juli lalu, Pangeran Harry mencetak kemenangan hukum kecil melawan surat kabar setelah hakim Pengadilan Tinggi memutuskan bahwa bagian dari artikel Februari 2022 sebenarnya memfitnah.

Penulis : Indra Kurniawan
Editor: Indra Kurniawan
Berita Terkait