Joey Alexander Kembali Masuk Nominasi Grammy Awards 2017

TEMPO | 9 Desember 2016 | 11:10 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Pianis Jazz muda asal Indonesia Joey Alexander kembali menjadi nomine Grammy Awards 2017 untuk kategori improvised jazz solo. Joey  yang kini berusia 13 tahun disebut-sebut sebagai nomine terkuat untuk menyabet piala Grammy Awards 2017, lewat lagu Countdown.

Musikus Asia lainnya yang menjadi nomine Grammy  Awards 2017 adalah pemain selo Yo-Yo Ma yang sudah mengoleksi 16 piala Grammy. Kali ini dia mendapatkan dua nominasi berkat kolaborasinya dengan Silk Road Ensemble dan rapper Brandon Paak Anderson.

I'll Sleep When I'm Dead, sebuah dokumentar tentang musisi Steve Aoki juga menjadi nomine Grammy untuk kategori film musik terbaik.

Joey Alexander mulai mencuri perhatian musikus dunia setelah videonya beredar luas di Youtube. Setelah menyaksikan video  tersebut, Musisi Jazz terkenal Whynton Marsalis mengundang Joey Alexander untuk tampil di  acara Jazz at Lincoln Center pada tahun 2014. Marsalis dengan anggota lain dari komunitas jazz juga disebut sebagai aktor yang membantu Alexander.

"Saya adalah musikus otodidak," kata Alexander saat diwawancarai oleh NBC News pada tahun 2014 seperti dikutip dari nbcnews.com pada Kamis, 8 Desember 2016.

Album pertama Joey yang dirilis pada  2015, My Favorite Things sukses bertengger di urutan 174 tangga lagu Billboard . Walhasil, Joey menjadi musikus Indonesia pertama yang masuk tangga lagu dunia bergengsi  itu.

Penampilan Alexander pada Grammy Awards tahun 2016 lalu mengundang decak kagum dan membuatnya mendapatkan standing ovation dan membuatnya menjadi 'bintang' di malam itu.

Sayangnya, Joey Alexander yang jadi nomine untuk kategori Best Improived Jazz Solo dan Best Jazz Instrumental Album gagal membawa pulang satu pun penghargaan Grammy Awards 2016.

Sekalipun tidak berhasil membawa pulang penghargaan Grammy, Joey Alexander sudah memukau dunia musik, khususnya di antara musikus-musikus ternama dunia,  dengan dua kali penampilannya di panggung Grammy.

 

TEMPO.CO

Penulis : TEMPO
Editor: TEMPO
Berita Terkait