Modal Rp 54 Miliar, Bagaimana "The Raid 2: Berandal" Balik Modal dan Untung?

Wayan Diananto | 8 April 2014 | 20:24 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - TEPAT pada Hari Film Nasional yang jatuh Minggu (30/3) lalu, industri film Indonesia menerima "kado" terindah sepanjang sejarah.

The Raid 2: Berandal (TR2) di hari itu saja mengumpulkan 123 ribu penonton! Ini rekor baru yang tampak sulit diperbarui film Indonesia lain. Masalahnya, TR2 menelan biaya produksi hingga Rp 54 miliar! Bisakah balik modal?

Sampai Senin (7/4), menutip situs Filmindonesia.or.id TR2 mencatat 925.055 penonton. Rata-rata per hari TR2 menyihir 100 ribu penonton sejak kali pertama dirilis 28 Maret. "Kami tidak memasang target berapa ribu penonton, tapi pencapaian ini di atas ekspektasi kami," terang produser Merantau Films, Ario Sagantoro saat ditemui Bintang, Kamis (3/4). Pengamat film Yan Widjaja membocorkan, pada hari pertama saja, sebenarnya TR2 mencetak sejarah dengan raihan 91 ribu penonton.

Angka sebanyak itu didapat dari laporan jumlah penonton harian dari jaringan Cinema 21, Blitz Megaplex, dan jaringan bioskop lainn. Ini menyempurnakan pencapaian The Raid dua tahun lalu yang hanya mengumpulkan sekitar 50 penonton di hari pertama.

anen raya penonton di bioskop terus berlanjut. Pertanyaannya, apa film ini bisa balik modal mengingat (konon), biaya produksi TR2 tak kurang dari Rp 50 miliar? Menurut Yan Widjaja, andai TR2 berakhir di kisaran 2 juta penonton, maka uang yang kembali ke tangan produser baru Rp 30 miliar. Itu sebabnya, Ario berorientasi ke pasar internasional dengan jalur distribusi lintas benua.

"Biaya produksi film ini Rp 54 miliar. Itu untuk syuting delapan bulan, melibatkan ratusan kru dan pemain. Lokasinya tidak hanya di Jakarta. Kami ke Bandung, Gombong Jawa Tengah, dan lain-lain. Kalau mau balik modal, film ini harus ditonton 4 juta orang. Kalau hanya mengandalkan loyalitas penonton Indonesia, sangat sulit meski Ayat-ayat Cinta, Laskar Pelangi, dan Habibie &Ainun berhasil membuktikan. Makanya, kami mengekspor film ini ke penjuru dunia," pungkas Ario.

Menurut kabar, TR2 bakal tayang di 1200 bioskop di AS pekan ini. Balik modal dan bahkan untung rasanya bukan sesuatu yang sulit diraih.  

(wyn/ade)

Penulis : Wayan Diananto
Editor: Wayan Diananto
Berita Terkait