Roy Ricardo Keluhkan Sulitnya Regenerasi Penyanyi Rap di Indonesia

Yohanes Adi Pamungkas | 13 Maret 2017 | 16:50 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Roy Ricardo merupakan penyanyi pendatang baru yang memilih jalur musik hip & hop sejak kecil.

“Waktu saya masih SD (Sekolah Dasar) setiap ditanya cita-citanya apa, saya selalu mengatakan mau menjadi rapper,” kata Roy Ricardo saat berbincang dengan Tabloidbintang.com.

Masa kecil pria yang kini berusia 28 tahun ini dipengaruhi oleh musik-musik hip & hop lokal dan luar negeri.

“Kakak tertua saya kebetulan sangat suka dengan musik hip & hop, otomatis saya ikut mendengarkannya,” Roy Ricardo mengenang.

Menjadi seorang rapper membuat Roy Ricardo belajar menulis lirik lagu. Dari sekian banyak lagu ciptaannya banyak yang ia sodorkan ke beberapa perusahaan rekaman.

“Banyak yang menolak dulu dan dihina-hina lagu saya,” katanya. Tapi semua memang butuh waktu.

Kesabaran Roy Ricardo akhirnya berbuah manis. Warner Music Indonesia yang merupakan salah satu perusahaan rekaman besar di Indonesia tertarik mengontrak Roy Ricardo. Dan adik kandung dari Melaney Ricardo ini menjadi satu-satunya penyanyi hip & hop di perusahaan rekaman tersebut.

Single lagu terbaru berjudul “Muka Dua” sudah dilepas Roy Ricardo beberapa waktu lalu. Di saat mempersiapkan album perdananya, ia semakin giat terus belajar menjadi seorang rapper yang baik.

“Mumpung  usia saya belum 30 tahun jadi masih ada waktu banyak untuk berkarya,” ujar Roy Ricardo optimis.

Termasuk kedekatan Roy Ricardo dengan rapper-rapper senior yang sudah memiliki nama besar di Indonesia, salah satunya Iwa K.

“Dulu dia menjadi idola saya sekarang menjadi teman saya, kami berdua suka bertukar pikiran dan saya sangat menghormati dia,” katanya. 

Memang jumlah rapper di Indonesia yang eksis sekarang sangat sedikit dibandingkan penyanyi dari genre lainnya seperti pop atau dangdut.

“Banyak orang Indonesia yang belum siap menerima rapper pendatang baru, mereka rata-rata lebih percaya dengan rapper senior, jadinya ada jarak antara yang senior dan junior,” bilangnya.

Roy Ricardo menjanjikan dirinya memiliki image yang berbeda dengan rapper pendtaang baru lainnya di Indonesia.

“Kalau dari segi lirik pembuatan lagu saya berbeda, begitu juga dengan fashion saya sebagai seorang rapper,” tutup Roy Ricardo.

 

(han/gur)

 

Penulis : Yohanes Adi Pamungkas
Editor: Yohanes Adi Pamungkas
Berita Terkait