Penayangan Sinetron "Kau Yang Berasal dari Bintang" Dihentikan Selamanya!

Ari Kurniawan | 3 Mei 2014 | 20:35 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - KASUS sinetron "Kau Yang Berasal dari Bintang" yang dituduh menjiplak serial asal Korea, "You Who Came From the Stars" ditanggapi serius oleh RCTI.

Setelah sebelumnya muncul wacana untuk merubah cerita dan mengganti judul, RCTI akhirnya mengambil langkah tegas dengan menghentikan sama sekali penayangan sinetron produksi Sinemart tersebut.

"RCTI menghentikan tayangan dan tidak akan melanjutkan sinetron "Kau yang Berasal dari Bintang” yang sudah tayang sebanyak 3 (tiga) episode, mulai 28 hingga 30 April 2014 pukul 19.00 WIB," demikian petikan rilis yang diterima Bintang Online, Sabtu (3/5).

Langkah itu diambil untuk menghindari polemik yang semakin rumit. Seperti diketahui, isu plagiat ini tidak hanya ramai diperbincangkan di Indonesia. Beberapa media massa di Korea juga mengulas banyaknya kesamaan antara sinetron yang diperankan oleh Morgan Oey dan Nikita Willy, dengan versi aslinya yang dimainkan Kim So Hyun dan Jun Ji Hyun.

Pihak SBS, yang memegang hak cipta atas drama "You Who Came From the Stars", bahkan ikut angkat bicara. SBS mengungkapkan bahwa sinetron "Kau yang Berasal dari Bintang" belum resmi dibeli hak ciptanya oleh pihak rumah produksi SinemArt di Indonesia.

Di alinea terakhir rilisnya, RCTI mengucapkan terimakasih pada orang-orang yang mengirimkan kritik dan saran terkait permasalahan ini, dan juga mengumumkan bahwa jam tayang yang sebelumnya dimiliki "Kau yang Berasal dari Bintang" bakal segera diisi oleh sinetron lain.

(ari/gur)

Penulis : Ari Kurniawan
Editor: Ari Kurniawan
Berita Terkait