Ultah Ke-24, Gita Gutawa Persembahkan Album Khusus untuk Indonesia

Ari Kurniawan | 12 Agustus 2017 | 09:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Jumat, 11 Agustus 2017, Gita Gutawa genap berusia 24 tahun. Momen spesial ini dimanfaatkan Gita untuk merilis album barunya yang diberi tajuk Gita Puja Indonesia. Projek tersebut merupakan buah pemikiran dan kerja keras Gita Gutawa selama hampir dua tahun belakangan.

Ada tujuh lagu nasional diaransemen ulang dalam balutan orkestra, di antaranya Tanah Tumpah Darahku (Ciptaan C. Simanjutak dan Sanusi Pane), Bagimu Negeri (R. Kusbini), Syukur (H. Muntahar), Tanah Air (Ibu Sud), Ibu Kita Kartini (WR. Supratman), Terima Kasihku (Sri Widodo), Mengheningkan Cipta (T. Prawit), ditambah satu lagi diciptakan sendiri oleh Gita Gutawa, Puja Indonesia.

Soal dasar pemilihan Gita Puja Indonesia sebagai judul album, Gita Gutawa menjelaskan, "Bukan semata karena namaku Gita. Gita Puja merupakan kata lain dari hymne. Dari situ aku akhirnya memilih lagu yang bernapaskan hymne."

Gita Gutawa lantas menceritakan awal mula munculnya keinginan untuk mendaur ulang lagu nasional. Semua terjadi saat dara berambut panjang itu menempuh pendidikan S2 di London School of Economics and Political Science di Inggris.

"Saat itu aku baca-baca jurnal tentang Indonesia. Aku baru menyadari sesuatu yang unik tentang Indonesia, di mana Indonesia ternyata punya lagu nasional yang begitu banyak. Negara lain paling ada satu, kalau kita punya katalog lagu nasional begitu banyak, dengan makna yang beragam. Nggak cuma soal perjuangan, tapi juga keidahan alam, tentang perempuan, tentang guru. Itu menarik," tutur Gita Gutawa.

Gita Gutawa merasa terpanggil melakukan sesuatu untuk Idonesia lewat bidang yang dia kuasai. Melalui projek Gita Puja Indonesia, Gita Gutawa berharap lagu-lagu nasional tidak akan pernah tergerus zaman.

"Aku nggak mau lagu nasional terabaikan, cuma dipelajari saat di sekolah aja, dan dinyanyikan saat upacara doang," ucap Gita Gutawa, di sela acara yang berlangsung di Galeri Foto Antara, Jakarta Pusat.

(ari/ari)

Penulis : Ari Kurniawan
Editor: Ari Kurniawan
Berita Terkait