Warkop DKI Reborn: Jangkrik Boss! Part 2, Rekor Mekar di Antara Konflik

Wayan Diananto | 16 September 2017 | 14:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Bagaikan seorang atlet yang dulu memecahkan rekor dan kini memperbarui rekornya sendiri. Begitulah performa Warkop DKI Reborn: Jangkrik Boss! Part 2 di tangga box office Indonesia pekan lalu.

Saat dirilis pada 31 Agustus, karya Anggy Umbara menorehkan angka dramatis, 313 ribu penonton. Jumlah penonton pada hari kedua, bertepatan dengan Idul Adha, nyaris dua kali lipat. Keesokan harinya pada jam pertunjukan pertama, film ini mencapai 1 juta penonton. Rekor diperbarui.

Publik sudah merasakan eforia Jangkrik Boss! Part 2 jauh-jauh hari. Meski jutaan penonton potensial sudah di depan mata, Abimana Aryasatya (34), Vino G. Bastian (35), dan Tora Sudiro (44) tidak berani pongah.

“Tahun lalu, orang penasaran apa jadinya jika para personel Warkop DKI lahir kembali. Sekarang publik sudah tahu. Kami sadar pada jilid kedua ini, orang bertanya apa lagi yang bisa ditawarkan Warkop DKI Reborn?” terang Vino.

Karenanya, dibuatlah strategi dengan tema besar “Warkop adalah Kita”, dengan maksud menjangkau siapa saja khususnya masyarakat kelas bawah. Itu sebabnya, Agustus lalu, Abimana-Vino-Tora turun ke jalan dalam acara car free day, menjual tahu bulat, ikut lomba 17 Agustus. Sampai merayakan Idul Adha bersama warga Ibu Kota. 

Ketiganya paham, masyarakat akan membandingkan dengan film sebelumnya dari aspek kualitas maupun hasil akhir jumlah penonton.

“Dari awal kami selalu ditanya, mungkin enggak jumlah penontonnya 6,8 juta lagi? Saat itu kami sadar, mempertahankan lebih sulit daripada mencapai. Dibanding-bandingkan bukan hal baru bagi kami.

Saat merilis Jangkrik Boss! Part 1, kami dibandingkan dengan Warkop DKI yang asli. Jadi jika tahun ini kami dibandingkan dengan Jangkrik Boss! Part 1, kami tidak kaget,” ulas Abimana saat berkunjung ke kantor Bintang, Jakarta.

Jangkrik Boss! Part 1 sejauh ini masih film Indonesia terlaris sepanjang sejarah. Vino menduga, tidak semua penonton menyukai film itu. Beberapa di antaranya menonton karena penasaran seperti apa Warkop yang lahir kembali. Vino menyebut Jangkrik Boss! Part 1 produk penasaran. Ibarat masakan, penonton datang untuk mencicipi. Ada dua kemungkinan setelah icip-icip, mereka bilang enak atau malah sebaliknya. 

“Untuk Part 2, amunisi kami lebih banyak. Saat mencapai 2 juta penonton tahun lalu, kami bingung, kok bisa secepat ini. Saya bertanya-tanya, itu penontonnya manusia atau bukan, ya?” Abimana menukas seraya bersyukur untuk rekor-rekor baru yang terpecahkan.

Tiga ratus tiga belas ribu penonton pada hari pertama memperbaiki pencapaian Jangkrik Boss! Part 1 dengan mengais 270 ribu.

Angka 530 ribu penonton pada hari kedua menyempurnakan pencapaian pendahulunya, 430 ribu.Part 1 mencapai 1 juta penonton pada jam pertunjukan ketiga hari ketiga. Sementara Part 2 pada jam pertunjukan pertama pertama hari yang sama telah sampai di angka 1 juta. Pencapaian ini didapat setelah melewati rentetan drama.

Saat promosi memasuki hari keempat (4 Agustus), Tora ditangkap atas kepemilikan 30 butir Dumolid. Tujuh hari setelah rilis, giliran Indro disomasi kerabatnya terkait rumah warisan. Akankah semua ini berakhir indah?

 

(wyn / gur)

 

Penulis : Wayan Diananto
Editor: Wayan Diananto
Berita Terkait