Jajang C Noer Ungkap Fakta Lain di Balik Penggarapan Film G30S/PKI

Altov Johar | 27 September 2017 | 15:40 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Ada fakta menarik di balik penggarapan film Penumpasan Penghianatan G30S/PKI, di tahun 1984 silam. Hal itu diungkap Jajang C Noer, yang kala itu bertugas sebagai pencatat adegan.

Dikatakan Jajang, jika kebanyakan film diperankan oleh aktor dan aktris kenamaan, tidak demikian dengan film besutan Arifin C Noer, suaminya.

"Kita ada tim setiap Jumat Sabtu Minggu nongkrongin masjid, gereja cari yang mirip sama jenderal atau tokoh lain berdasarkan foto. Karena kita cari yang tampangnya mirip, punya karakter," ungkap Jajang C Noer, di Kawasan SCBD, Jakarta Pusat, Selasa (26/9).

Setidaknya tercatat lebih dari 10.000 peran yang dihadirkan dalam film G30S/PKI. Diakui Jajang, kebanyakan dari mereka bukanlah aktor atau aktris. Bahkan tak sedikit yang menekuni akting setelah terlibat di film ini.

"Jadi kebanyakan bukan aktor. Banyak yang awam sekali. Tapi banyak juga yang sekarang jadi aktor, dulunya bukan siapa-siapa," terangnya.

Ditambahkan Jajang, di situ lah kehebatan Arifin C Noer sebagai sutradara. Almarhum suaminya mampu mengarahkan para pemain, meski tidak memiliki latarbelakang akting.

"Itulah Arifin C Noer. Dia bisa mengarahkan dan mensiasati akting yang benar. Saat itu audisi, saat dites lumayan oke. Palingan latihan sebentar setiap kali syuting," pungkas Jajang C Noer.

 

(tov /gur)

 

Penulis : Altov Johar
Editor: Altov Johar
Berita Terkait