Garap Film Malahayati, TNI AL Studi Banding ke Turki untuk Gali Referensi

TEMPO | 11 Oktober 2017 | 15:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Tentara Nasional Indonesia sedang mempersiapkan penggarapan film Malayahati. Film tersebut rencananya digarap Markas Besar TNI Angkatan Laut pada tahun ini.

Untuk menunjang data film tersebut, TNI akan melakukan studi banding ke Turki.

"Semakin digali (riset kepustakaan), semakin baik," kata Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo di Taman Ismail Marzuki, Cikini, Jakarta Pusat, Selasa malam, 10 Oktober 2017.

Film Malahayati, kata Gatot, mengangkat sosok pejuang wanita Laksamana Malayahati. Sekitar tahun 1500-an, menurut dia, Aceh sudah memiliki akademi angkatan laut, dan Malahayati adalah salah satu lulusan akademi tersebut.

"Dia seorang wanita yang bertugas sebagai intelijen kerajaan, yang bahkan dalam pelayaran menggunakan kompas bintang. Jadi cerita ini akan mendunia," kata Gatot.

Selain melakukan studi banding kepustakaan ke Turki, kata Gatot, Mabes TNI AL akan bekerja sama dengan Persatuan Artis Film Indonesia (Parfi) 56 untuk proses produksi. 

"Kalau bisa, kerja sama dengan internasional juga, karena kami mengharapkan film ini bukan hanya untuk level nasional," kata Gatot Nurmantyo.

Gatot hadir di Teater Ismail Marzuki untuk menyaksikan malam penganugerahan Festival Film Nusantara. Ia didampingi kepala staf dari tiga angkatan. Hadir juga Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama KH Marsudi Suhud.

Festival Film Nusantara, kata Gatot, diadakan atas kerja sama antara TNI, PBNU, dan sejumlah bank di Indonesia. Menurut dia, festival ini diadakan TNI karena perfilman nasional meningkat pelan. 

"Tapi juga untuk menumbuhkan motivasi bela negara," tuturnya.

 

TEMPO.CO

 

Penulis : TEMPO
Editor: TEMPO
Berita Terkait