Asosiasi Televisi Nasional Indonesia: Diprakarsai NET TV, Kompas TV dan RTV

Andira Putri | 11 Oktober 2017 | 22:20 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Asosiasi Televisi Nasional Indonesia (ATVNI) telah dibentuk dan diperkenalkan ke publik pada Selasa (10/10). ATVNI diprakarsai oleh tiga televisi berjaringan nasional, yaitu KOMPAS TV, NET., dan RTV.

Stasiun-stasiun televisi tersebut mendirikan ATVNI karena sebuah alasan. Mereka berusaha menyesuaikan diri dengan perkembangan digital yang membuat beragam konten tersedia secara bebas tanpa saringan.

"Kami mempunyai visi dan misi sama. Kami hadir untuk menghadapi tantangan berbeda di era digitalisasi," kata Ketua Pengurus ATVNI sekaligus CEO NET. Wishnutama dalam konferensi pers di Restoran Caca Marica, Kuningan, Jakarta Pusat.

Untuk menghadapi perubahan era, ATVNI siap menggelar sejumlah program yang melibatkan masyarakat. Salah satunya adalah sosialisasi terkait literasi media di sejumlah daerah serta universitas. "Kita mulai dari mahasiswa. Mereka dilibatkan jadi kita paham juga aspirasi mereka," lanjut Wishnutama.

Program-program tersebut bisa menggambarkan pandangan masyarakat soal televisi berjaringan nasional. Pihak ATVNI akan mempelajari dan mengaplikasikan saran mereka. "Ini bagus buat kita karena bisa menciptakan konten sesuai aspirasi mereka. Jadi kita nggak lihat rating terus," tutur Wishnutama.

ATVNI berharap bisa menjadi salah satu wadah bagi pertelevisian Indonesia. Di samping KOMPAS TV, NET., dan RTV, ATVNI membuka kesempatan bagi televisi berjaringan nasional lain untuk bergabung.

"Kami tidak menutup kemungkinan bagi televisi lain untuk bergabung. Ada televisi lain yang memang akan bergabung dalam waktu dekat, namun belum bisa kami sampaikan," tutup Wishnutama.

(dira/ray)

Penulis : Andira Putri
Editor: Andira Putri
Berita Terkait