Cerita Rossa Selama 18 Tahun Diganjar Plakat Platinum

Wayan Diananto | 24 November 2017 | 03:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Di industri musik Indonesia, Rossa (39) berada di posisi diva. Rossa disejajarkan dengan para diva seperti Krisdayanti, Titi DJ, Ruth Sahanaya, Bunga Citra Lestari, bahkan Vina Panduwinata. Sejak memulai debut dengan album Nada-Nada Cinta (1996), Rossa dikabarkan telah menjual lebih dari 5 juta keping. Hampir semua albumnya diganjar plakat platinum.

"Alhamdulillah, album terbaru saya New Chapter diganjar 4 platinum. Di usia sekarang, saya masih mendapat banyak cinta dari masyarakat. Senang sekali, dari sejak 1999 sampai sekarang saya terus mendapat platinum," ujar Rossa di Jakarta, pekan ini.

Sejak penjualan fisik menurun dan toko-toko kaset berguguran, menjual CD album tak semudah yang dibayangkan. Jika ingin laku ratusan ribu keping, CD album mesti dijual digerai restoran cepat saji, toko buku, atau pasar swalayan. Tujuannya, agar album itu mudah dijangkau konsumen.

Pertanyaan yang kemudian muncul, apa Rossa tidak bosan setiap merilis album selalu diganjar platinum? "Eh, enggak boleh bosan dong. Amit-amit jangan sampai bosan menerima platinum. Plakat platinum itu tanda album seorang penyanyi dicintai dan dipercaya publik," urai Rossa. Sebelum tahun 2008, satu platinum setara dengan penjualan kaset 150 ribu kopi. Kini, penjualan album 75 ribu kopi sudah layak diganjar platinum.

Penulis : Wayan Diananto
Editor: Wayan Diananto
Berita Terkait