Strategi Khusus Anggy Umbara di Film 5 Cowok Jagoan

Ari Kurniawan | 29 November 2017 | 09:45 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Sutradara Anggy Umbara sukses meramu film Comic 8, yang mendulang jutaan penonton. Tapi bukan berarti ia bisa dengan mudah mengeksekusi film komedi terbarunya, 5 Cowok Jagoan. 

5 Cowok Jagoan menampilkan aksi dari Dedy (Dwi Sasono), Yanto (Ario Bayu), Lilo (Muhakdly Acho), Danu (Arifin Putra) dan Reva (Cornelio Sunny) yang berusaha menyelamatkan ilmuwan cantik bernama Dewi (Tika Bravani).
 
Menggabungkan lima aktor dalam satu layar untuk pertama kalinya bukan hal mudah. Terlebih tiga di antaranya sama sekali belum pernah bermain genre komedi.

"Memadukan lima pemain utama yang belum pernah satu projek bareng itu tantangan tersulit. Harus latihan fighting, belajar komedi, empat jam makeup, menghadapi bos zombie, dan 50 zombie dalam satu frame," ujar Anggy Umbara.
 
Menggarap sebuah film action comedy di Indonesia, lanjut Anggy Umbara, butuh kehati-hatian ekstra. Sebab penonton Indonesia memiliki standar sendiri untuk film komedi. Sebuah film bisa dikatakan lucu, setidaknya jika bisa membuat tertawa sutradara dan kru saat proses syuting berlangsung. "Artinya kita harus mencari definisi lucu bagi semua masyrakat Indonesia."

Dipaparkan Anggy Umbara, untuk mencapai tingkat kelucuan yang diinginkan, butuh strategi yang jitu. Harus ada perencanaan yang matang, baik dari segi penokohan maupun cerita.
 
"Kita juga dilarang bikin film kocak yang katrok. Cerita harus dikuatin, nggak cuma lucu, tapi ada story-nya, ada goal cerita mau menuju ke mana. Jelas pegangan 5W+1H-nya. Pemain juga mesti bagus, produksi dijaga, sinematik, efek-efeknya, slow motion-nya, artistik, komedi tetap dijaga dari awal sampai akhir," urainya.
 
Salah satu "senjata" Anggy Umbara di film ini adalah digunakannya lagu Poco-poco untuk mengatasi serangan zombie. "Kenapa ada lagu Poco-poco di tengah film, itu yang harus ditunggu," tutupnya. 

(ari/ari)

Penulis : Ari Kurniawan
Editor: Ari Kurniawan
Berita Terkait