Banjir Pujian, film Coco Juga Mendulang Pundi-pundi Uang

Wayan Diananto | 10 Desember 2017 | 11:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Banjir pujian, film produksi Pixar, Coco, juga mendulang pundi-pundi uang tidak sedikit.

Rilis pada 22 November, sehari sebelum perayaan Thanksgiving (perayaan mengucap syukur) di AS, Coco jadi film keempat terlaris yang diluncurkan di akhir pekan Thanksgiving—di bawah Frozen (2013), Moana (2016) dan Toy Story 3 (2010)—dengan pendapatan 49 juta dolar atau 662 miliar rupiah.

Bercerita tentang seorang anak laki-laki, Miguel Rivera, yang terhalang restu keluarganya menjadi seorang musisi, Coco sukses membukukan 18,2 juta dolar atau 245 miliar di Tiongkok.

Jumlah ini hampir mencapai setengah pendapatan Finding Dory (2016), yang memegang rekor film produksi Pixar berpenghasilan tertinggi di Tiongkok.

Yang berarti, kesempatan Coco memecahkan rekor di Tiongkok terbuka lebar. Mengambil latar belakang budaya Meksiko, Coco bahkan mencatatkan prestasi sebagai film terlaris di Meksiko sepanjang masa, dengan mengantongi 43,1 juta dolar atau 582 miliar rupiah. 

Kentalnya tema budaya juga disebut-sebut sebagai faktor yang melejitkan film karya sineas Lee Unkrich ini. 

"Pixar tidak hanya fokus membuat jalan cerita yang baik, tapi mereka fokus membuat film yang serelevan mungkin dengan tema budaya. Menurut saya, itulah salah satu faktor yang membuat sebuah film terasa autentik bagi semua penontonnya, terutama bagi penonton Hispanik, meski Coco bisa diterima semua kalangan," ungkap kepala distribusi Disney, Dave Hollis.

Banjir pujian, Coco juga mendulang pundi-pundi uang tidak sedikit. Rilis pada 22 November, sehari sebelum perayaan Thanksgiving.

(wyn / gur)

Penulis : Wayan Diananto
Editor: Wayan Diananto
Berita Terkait