Mudik ke Blitar, Livi Zheng Mengisi Workshop Film Kirab Pemuda Nusantara 201

- | 13 Desember 2017 | 05:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Puncak acara Kirab Pemuda Nusantara 2017, yang dipusatkan di Alun-Alun Kantor Bupati Blitar Kanigoro, Kamis, 7 Desember 2017 lalu dipenuhi pemuda pemudi dari seluruh Indonesia.

Livi Zheng, sutradara film Indonesia yang berkibar di Hollywood, sebagai duta Menpora, juga diminta memberikan sambutan sebagai pemuda inspiratif asli Blitar.

Livi Zheng yang cukup lama merantau di negeri orang berbagi pengalaman hidupnya. Livi hijrah ke Beijing untuk meneruskan SMA di Western Academy of Beijing sambil menekuni beladiri Wushu pada waktu umur 15 tahun. Ia mengingatkan para pemuda yang walaupun merantau ke negeri orang, tetapi jangan sampai melupakan dari mana asal usul kita.

“Remember where you came from, your roots are your strength and inspiration,” tutur penyandang gelar S2 Produksi Film dari University of Southern California tersebut seperti tertulis dalam siaran pers yang diterima tabloidbintang.com.

Terkait dengan keberagaman, Livi menambahkan, ”Indonesia disatukan oleh Bhinneka Tunggal Ika, unity in diversity, meskipun berbeda-beda tetapi tetap satu. Keanekaragaman budaya yang kita miliki adalah daya tarik tersendiri bagi dunia internasional, salah satunya di Hollywood. Film Avatar, karya James Cameron, di dalamnya  memasukkan unsur gamelan Bali. Inilah daya tarik keragaman budaya Indonesia yang harus kita jaga dan lestarikan bersama,” papar Livi Zheng lulusan sarjana Ekonomi University of Washington-Seattle.

Untuk menyemarakkan dan berpartisipasi dalam kegiatan Kirab Pemuda Nusantara 2017 yang diselenggarakan Kementerian Pemuda dan Olah Raga RI di kampung halamannya, Blitar, sutradara Hollywood yang filmnya Brush with Danger masuk seleksi nominasi Oscar memberikan workshop film.

Livi Zheng juga menjadi narasumber dalam Seminar Nasional Kepemudaan bersama dengan Panglima TNI periode 2010-2013 Laksamana (Purn) Agus Suhartono dan Staf Khusus Kemenpora Anggia Ermarini. Dalam kedua acara ini Livi menayangkan cuplikan film-film terbarunya Insight dan Bali: Beats: of Paradise.

Kirab Pemuda Nusantara 2017 adalah program baru Kemenpora yang menggerakkan pemuda dari perwakilan daerah di seluruh Indonesia dengan tujuan selain mempromosikan daerah dan pariwisatanya, juga mengenalkan dan menanamkan rasa cinta Tanah Air. 

Kegiatan ini berupa keliling Indonesia selama 72 hari melalui beberapa kabupaten dan kota dalam bentuk napak tilas ke tempat-tempat bersejarah. Acara yang direncanakan berlangsung setiap tahun  itu, diharapkan dapat juga mendorong potensi daerah dan mampu memunculkan ikon-ikon pemuda kreatif yang bisa menginspirasi Indonesia dengan karya-karyanya.

Dalam pertemuan Livi Zheng dan Menpora dengan peserta inti Kirab Pemuda, Livi menekankan di mana pun ia berada, pentingnya  untuk terus mempromosikan daerah asalnya, Indonesia.

“Kalau bukan kita, siapa yang akan mempromosikan Indonesia. Untuk mempromosikan Indonesia bisa dimulai dengan hal-hal kecil seperti memperkenalkan makanan Indonesia, mengunggah gambar lokasi-lokasi yang menarik di sosial media, mengajarkan kesenian Indonesia, bahkan sampai membuat sebuah karya,” tuturnya.

Penulis : -
Editor: -
Berita Terkait