Liu Yifei Putri Disney Berdarah Tiongkok Perankan Mulan

Yuriantin | 16 Desember 2017 | 14:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Disney akan kembali memproduksi film Mulan. Kali ini bukan versi animasi. Yang mengejutkan aktris asal Tiongkok, Liu Yifei (30) dipilih memerankan Mulan.

Wanita yang juga dikenal dengan nama Crystal Liu ini berhasil menyingkirkan hampir 1.000 kandidat. Pro dan kontra sempat mengiringi terpilihnya Liu Yifei. Apa nilai plus Liu Yifei dibanding kandidat lain?

Disney memilih Liu Yifei sebagai Hua Mulan bukan tanpa alasan. Liu dianggap Disney memenuhi tiga kriteria yang telah ditetapkan. Pertama, memiliki keahlian bela diri. Liu menunjukkan kemampuan bela diri untuk kali pertama dalam film Forbidden Kingdom (2008) yang dibintangi Jet Li dan Jackie Chan. Film itu pula yang membuka jalan Liu di industri perfilman Hollywood. 

Kriteria kedua, lancar berbahasa Inggris. Aktris yang menjajaki dunia modelling sejak usia 8 tahun ini pernah tinggal di New York selama 4 tahun sebelum kembali ke Tiongkok untuk mulai berakting di tahun 2002. Kriteria terakhir, pemeran pendekar yang terinspirasi dari legenda Tiongkok ini wajib punya kualitas bintang. 

Liu yang dijuluki "fairy sister" atau saudari peri oleh para penggemarnya ini kerap dipuji karena wajah cantiknya yang lugu dan mirip boneka.

"Sejujurnya, masih banyak selebriti yang lebih cantik dibanding saya. Hal utama sebagai seorang aktris bukan tentang terlihat cantik di depan kamera, tapi tentang bagaimana menyampaikan emosi yang tepat untuk karakter yang dimainkan," komentar Liu tentang paras cantiknya. 

Meski memenuhi ketiga kriteria itu, sebagian publik Tiongkok kurang sreg dengan pemilihan pemilik 53 juta pengikut di media sosial Weibo ini sebagai Mulan.

Sebabnya, wanita yang sukses menelurkan album berbahasa Mandarin dan Jepang ini dijuluki "racun box office" lantaran beberapa filmnya kurang menghasilkan secara komersial. Sebagian lagi menuding Liu tidak punya kemampuan akting mumpuni.  

Namun seorang perwakilan dari produksi film Mulan menilai pemilihan Liu sudah tepat. Menurutnya, mustahil mencari seseorang yang bisa memenuhi kriteria semua orang meski Disney telah berupaya keras. Ia berharap publik bisa menerima Liu setelah menyaksikan langsung filmnya nanti. 

"Rekan kerja (kami) dari Tiongkok sangat mendukung dia dan pada akhirnya keputusan diambil berdasarkan kualitas dari penampilan (sang aktris). Saya harap publik bisa menahan diri dan menilai film tersebut secara keseluruhan setelah selesai," ungkap sumber yang enggan merinci namanya kepada majalah Forbes.

(yuri / gur)

Penulis : Yuriantin
Editor: Yuriantin
Berita Terkait