Liu Yifei Memerankan Mulan, Pujian Publik Internasional Mengalir untuk Disney

Yuriantin | 16 Desember 2017 | 20:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Kendati menuai kritik, sebagian publik Tiongkok termasuk publik internasional merespons positif pemilihan Liu Yifei memerankan film Mulan produksi Disney.

Respons positif ini ditujukan kepada Disney yang memilih aktris berdarah Tiongkok untuk memerankan karakter asli Tiongkok. Pasalnya, Disney sempat dituduh melakukan whitewashing (memilih aktor berkulit putih untuk memerankan karakter yang tidak berkulit putih) ketika mengumumkan Naomi Scott (24) sebagai putri Jasmine dalam film Aladdin (2019), Juli lalu. 

Naomi yang berdarah campuran India-Inggris dicap tidak merepresentasikan putri Jasmine yang diyakini para penggemar berasal dari Timur Tengah.

Kecaman makin bertambah kala Disney mengumumkan peran pangeran Anders yang akan dimainkan oleh Billy Magnussen (32), aktor berkulit putih. Padaha, karakter pangeran Anders sebelumnya tidak ada dalam film animasi Aladdin (1992). 

Isu ini mendorong warganet meluncurkan petisi daring ketika Disney mengumumkan akan membuat film live action Mulan.

Petisi yang didukung lebih dari 112 ribu warganet ini menuntut Disney memilih aktris Tiongkok untuk karakter Mulan dan resmi ditutup 30 November lalu, usai pengumuman Liu Yifei sebagai Mulan.

(yuri / gur)

Penulis : Yuriantin
Editor: Yuriantin
Berita Terkait