Hanya Rilis 1 Film Per Tahun, Ernest Prakasa Tak Khawatir Kekurangan Uang

Wayan Diananto | 12 Januari 2018 | 07:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Selama tiga tahun terakhir, Ernest Prakasa (35) menghasilkan 3 film box office yakni Ngenest, Cek Toko Sebelah, dan Susah Sinyal. Ernest Prakasa hanya menghasilkan satu film setiap tahun. Meski demikian, ia tidak khawatir kekurangan uang. Ayah dua anak ini mengaku, mencari uang tak hanya dari lokasi syuting film.

"Uang dari film, sepintas besar namun jika dibandingkan dengan detail pekerjaan dan waktu yang dialokasikan untuk mengerjakan semua itu sangat panjang. Kalau manggung, satu atau dua jam selesai langsung dapat honor. Buat para komika, penghasilan utama justru dari manggung baik on-air maupun off-air, menjadi pembawa acara, dan syuting iklan," ungkap Ernest Prakasa kepada tabloidbintang.com di Jakarta, pekan ini.

Saat tampil di layar kaca, penghasilan tidak terlalu besar tapi membantu komika dikenal khalayak luas. Tahun ini Ernest Prakasa ingin menggelar tur melawak tunggal lagi ke sejumlah kota di Indonesia. Selain menambah penghasilan, panggung melawak tunggal mengasah kemampuannya memantik tawa penonton.

Impian Ernest Prakasa lainnya, menggelar workshop menulis skenario film. Ide menggelar workshop terinspirasi dari ajang Jogja-Netpac Asian Film Festival yang dihelat Desember tahun lalu. Setelah 12 tahun dihelat, barulah Ernest sadar ada festival film di daerah yang melahirkan penulis skenario baru. Dari ajang itu, semangatnya untuk berbagi ilmu menulis menguat.

"Saya ingin menggelar workshop menulis di lima kota. Proses seleksinya saya gelar via Instagram. Saya akan minta calon peserta memperkenalkan diri, menuliskan film favorit mereka, dan membuat contoh sinopsis. Ini 100 persen gratis," Ernest Prakasa mengakhiri perbincangan.

Penulis : Wayan Diananto
Editor: Wayan Diananto
Berita Terkait