Isyana Sarasvati Ternyata Tak Menyelesaikan Pendidikan SMA-nya

Nanda Indri Hadiyanti | 1 Februari 2018 | 20:40 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Penyanyi Isyana Sarasvati mendapatkan beasiswa penuh di Nanyang Academy of Fine Arts (NAFA) Singapura di usia 16 tahun. Tapi tak banyak yang tahu, karena beasiswa itu ternyata Isyana Sarasvati tak pernah merasakan Ujian Nasional (UN) SMA. 

Ternyata Isyana Sarasvati langsung menempuh pendidikan sarjana tanpa merasakan tahun ketiga di SMA alias lewat jalur cepat atau fast track.

"Kelas 2 SMA aku pengin sekolah musik. Ketemu sekolahnya di Singapura. Aku lucky banget, aku dapet fast track enggak usah lulus SMA (langsung kuliah)," kata Isyana Sarasvati saat ditemui di acara Oriflame, Ice Palace, Jakarta Selatan, Kamis (1/2). 

Saat itu, pelantun lagu "Keep Being You" itu hanya perlu memiliki sertifikat khusus di bidang musik untuk bisa lolos masuk NAFA. Isyana Sarasvati yang ternyata memenuhi persyaratan tersebut dinyatakan lolos dan meninggalkan pendidikannya di Indonesia tanpa harus mengikuti UN di tingkat SMA.

"Syaratnya aku punya sertifikat musik dan bisa ikut audisi. Terus ternyata aku lolos audisi, aku seneng banget karena yang kepikiran langsung 'yes enggak UN'," ujar Isyana Sarasvati sambil tertawa senang. 

(nda / bin)

Penulis : Nanda Indri Hadiyanti
Editor: Nanda Indri Hadiyanti
Berita Terkait