Brownis Trans TV dan Opera Van Java Trans 7 Ditegur KPI, Ini Sebabnya

Christiya Dika Handayani | 6 Februari 2018 | 21:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Pusat memberikan peringatan untuk program Brownis Trans TV dan Opera Van Java Trans 7 pada Kamis (1/2).

Brownis mendapat teguran karena menampilkan pria yang berdandan seperti wanita pada episode yang tayang 22 Januari 2018.

Dalam episode, Ivan Gunawan berperan sebagai Nia Ramadhani dengan mengenakan wig berwarna hitam. Saat itu, bintang tamu acara tersebut adalah mantan vokalis Samsons yakni Bams.

"Program siaran tersebut menayangkan seorang pria yang memerankan Nia Ramadhani dengan memakai wig dan berperilaku layaknya seorang wanita. KPI Pusat menilai hal tersebut berpotensi melanggar Pasal 37 Ayat (4) huruf a SPS KPI Tahun 2012 tentang muatan yang mendorong remaja belajar tentang perilaku yang tidak pantas dan/atau membenarkan perilaku yang tidak pantas tersebut sebagai hal yang lumrah dalam kehidupan sehari-hari. Berdasarkan hal tersebut KPI Pusat memutuskan untuk memberikan peringatan," demikian bunyi peringatan yang dimuat dalam situs resmi KPI Pusat pada Selasa (6/2).

Sedangkan program Opera Van Java mendapat eguran KPI lantaran Aziz Gagap tampil mengenakan dress berwarna kuning. Tidak hanya itu, Aziz juga terlihat mengenakan wig berwarna hitam dengan ditambah bando dan kalung berkilau.

"Program siaran tersebut menayangkan seorang pria yang berpakaian, berperilaku, dan berdandan layaknya seorang wanita. KPI Pusat menilai hal tersebut berpotensi melanggar Pasal 37 Ayat (4) huruf a SPS KPI Tahun 2012 tentang muatan yang mendorong remaja belajar tentang perilaku yang tidak pantas dan/atau membenarkan perilaku yang tidak pantas tersebut sebagai hal yang lumrah dalam kehidupan sehari-hari. Berdasarkan hal tersebut KPI Pusat memutuskan untuk memberikan peringatan," begitu isi peringatan tersebut.

KPI meminta pihak stasiun televisi segera melakukan evaluasi internal serta tidak mengulangi kesalahan yang sama.

(dika / gur)

Penulis : Christiya Dika Handayani
Editor: Christiya Dika Handayani
Berita Terkait