Kisah Rayi RAN Menulis Lagu Buat Sahabat Yang Meninggal Karena Kecelakaan

Wayan Diananto | 10 Februari 2018 | 22:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Setelah sepuluh tahun berkarier di industri musik, RAN meluangkan waktu untuk menoleh ke belakang. Rayi Putra (30), Astono Handoko, dan Anindyo Baskoro merefleksi diri seraya melihat kembali sejumlah lagu yang telah dibuat. Rayi RAN menyebut setidaknya ada dua lagu yang memiliki makna sangat personal yakni "D' Inspiration" dan "Lagu Untuk Riri".

"D' Inspiration" ditulis Rayi RAN buat pacar yang kini menjadi istrinya. "D itu inisial nama istri saya, Dila. Saya membuat lagu itu saat berusia 16 tahun. Itu lagu band saya dengan Asta sebelum RAN terbentuk. Saat mengerjakan album RAN for your life kami diminta mengumpulkan lagu sebanyak-banyaknya. Lalu terkumpulah 20 lagu," kenang Rayi RAN saat berkunjung ke kantor tabloidbintang.com Jakarta, belum lama ini.

Dari 20 lagu yang terkumpul, sebelas di antaranya terpilih sebagai materi album debut. Sementara "Lagu Untuk Riri" terinspirasi dari seorang sahabat bernama Riri. Kala itu, Riri mengundang Rayi dan Asta manggung ke acara sekolah. Momen itu mempertemukan Rayi, Asta, dan Nino lalu terbentuklah RAN. Tak disangka, Riri meninggal karena kecelakaan.

"Awalnya, kami memberi judul lagu itu 'Pergi Dan Tak Kembali'. Kalau Riri tidak mengundang kami, belum tentu RAN terbentuk. Data lagu itu kami simpan di komputer dengan nama Lagu Untuk Riri. Itu judul sementara, tapi sampai proses rekaman selesai judul lagu itu tidak berubah. Biarlah seperti itu," Rayi berbagi cerita.

Penulis : Wayan Diananto
Editor: Wayan Diananto
Berita Terkait