Mungkinkah Dilan 1990 Menyenggol Film Terlaris Sepanjang Masa?

Wayan Diananto | 16 Februari 2018 | 18:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Memasuki pekan kedua penayangan di jaringan bioskop, stamina sebuah film biasanya menurun mengingat beberapa film baru dirilis. Hukum ini tampaknya tidak berlaku bagi Dilan 1990.

Karya sineas Fajar Bustomi ini membukukan angka fantastis pada akhir pekan kedua, Sabtu (3/2) lalu. Hari itu, Dilan 1990 mendatangkan hampir 420 ribu penonton. Ini angka terbanyak dalam sehari, sejak Dilan 1990 menjajah bioskop.

Dampaknya, film ini melibas Pengabdi Setan (4,2 juta) dan Warkop DKI: Jangkrik Boss! Part 2 (4,08 juta) di daftar film Indonesia terlaris sepanjang masa. Dan kini, Dilan 1990 telah melampaui Habibie & Ainun (4,55 juta) dan Laskar Pelangi (4,6 juta). Angka di atas 5,5 juta pun sudah diraih Dilan 1990.

Produser Max Pictures, Ody M. Hidayat, dalam wawancara empat mata dengan Bintang, Kamis (8/2), mengaku, “Targetnya, film Dilan 1990 ditonton 3 juta penonton saja karena rencana semula film ini tayang Desember 2017. Bulan itu, ada liburan Natal dan Tahun Baru.”

Salah satu pemain Dilan 1990, Brandon Salim (21), menambahkan, pekan kedua momen untuk menarik napas lega. Deg-degan hanya terjadi menjelang perilisan film.

Deg-degan yang bercampur pesimistis terasa setelah beberapa pihak menilai cuplikan film Dilan 1990 yang dirilis di jagat maya kurang menarik. Belum lagi, Iqbaal harus balik ke Amerika Serikat untuk melanjutkan sekolah. Otomatis, ia tidak bisa mengikuti promosi film sampai akhir.

“Tugas berat ada pada saya dan pemain lain untuk mempromosikan film habis-habisan. Hari pertama penayangan, saya makin deg-degan. Keesokan harinya saya mengecek jumlah penonton ke rumah produksi Falcon Pictures (dan Max Pictures). Saya ingat betul, informasi yang saya dapatkan: hari itu ada 225 ribu penonton,” ungkap Brandon saat berkunjung ke kantor Bintang, pekan lalu.

Masih banyak bioskop yang memberikan lebih dari satu layar untuk Iqbaal Ramadhan (18) dan Vanesha Prescilla (18). Kemungkinan untuk menyenggol film terlaris sepanjang masa, Warkop DKI Reborn: Jangkrik Boss! Part 1 (6,8 juta), terbuka lebar. 

Peluang besar ini disikapi Vanesha dengan bijaksana. “Dari awal saya bilang, ini karena kekuatan novel. Calon penonton sempat pesismistis saat mengetahui Iqbaal dan saya ditunjuk sebagai pemain utama. Namun promosi film yang gencar mengalahkan semuanya,” ujar dia.

(wyn / gur)

Penulis : Wayan Diananto
Editor: Wayan Diananto
Berita Terkait