Akan Ada yang Baru di Sekuel Film Dilan 1990, Apa Saja?

TEMPO | 8 Maret 2018 | 08:10 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Sekuel film Dilan 1990, Dilan 1991, akan mulai digarap tahun ini. Duo sutradara Fajar Bustomi dan Pidi Baiq menggagas beberapa hal baru.

"Film (Dilan) kedua akan pakai teks untuk (penonton) tuna rungu," kata Pidi Baiq, saat peluncuran prangko Dilan di Bandung, Selasa, 6 Maret 2018. Ketika acara tanya jawab dengan hadirin yang berjumlah sekitar seratus orang, panitia menyertakan seorang penerjemah bahasa isyarat di samping Fajar dan Pidi.

Sementara Fajar Bustomi mengatakan sampai kini masih rajin menonton ulang film Dilan 1990. Tujuannya untuk memaksimalkan teknis penggarapan film.

Evaluasi sendiri karyanya itu selain inisiatif juga berdasarkan penilaian beberapa orang. Namun Fajar enggan menyebutkan kekurangan film Dilan pertama. "Biarlah itu buat saya saja," katanya.

Kebaruan lain pada sisi pemeran. Ada tokoh-tokoh baru yang akan muncul sesuai dengan isi novelnya. "Sekarang juga lagi casting untuk beberapa pemain baru," ujar Fajar.

Lokasi syuting lanjutan utamanya masih tetap di Bandung seperti film Dilan 1990. Tempat lainnya kemungkinan di luar kota seperti Yogyakarta.

Rencana pengambilan gambar film Dilan 1991 menyesuaikan jadwal aktivitas pemeran. Kemungkinan besar, kata Fajar, prosesnya akan dimulai Desember 2018.

TEMPO.CO

Penulis : TEMPO
Editor: TEMPO
Berita Terkait