Nia Dinata Berbagi Kiat Sukses Terjun di Industri Film

Romauli Gultom Rabu, 14 Maret 2018 14:10:57
Nia Dinata (Ryan Muhjani / tabloidbintang.com)

TABLOIDBINTANG.COM - Produser dan Sutradara Nia Dinata sangat antusias bisa mengedukasi anak muda Indonesia untuk membuat sebuah film.

Dalam kolaborasinya bersama Insto, Nia Dinata menemukan 9 anak muda dari berbagai kota di Indonesia yang mau belajar menjadi seorang filmmaker.

“Saya senang sekali bisa mengedukasi anak muda, bagaimana melihat dunia dengan mata kita sebagai filmmaker,” kata Nia Dinata ditemui dalam peluncuran film mini dokumenter pertama di Indonesia menggunakan Snapchat Spectacles bertajuk “Buka Mata, Buka Cerita”  di Jakarta, Senin (12/3).

Menurut Nia Dinata, dari hampir 1000 cerita yang dikirim peserta, hanya ada 9 cerita yang dipilih karena keberhasilan co-directors dalam mengangkat dokumenter dengan keunikan, sensitivitas, dan realita yang ada.

Nia Dinata (tengah) dalam peluncuran film mini dokumenter pertama di Indonesia menggunakan <em>Snapchat Spectacles</em> bertajuk Buka Mata, Buka Cerita  di Jakarta, Senin (12/3).
Nia Dinata (tengah) dalam peluncuran film mini dokumenter pertama di Indonesia menggunakan&nbsp;<em>Snapchat Spectacles</em>&nbsp;bertajuk Buka Mata, Buka Cerita &nbsp;di Jakarta, Senin (12/3).

Melalui edukasi ini, lanjut Nia Dinata, anak muda Indonesia bisa belajar bagaimana membuat film documenter hanya dalam sehari. Berbeda dengan zaman dulu yang sulit sekali, bahkan harus sekolah ke luar negeri.

“Dulu di zaman aku belum ada edukasi seperti ini. Bahkan, banyak orang rela mengeluarkan uang banyak hanya untuk sekolah film,” pungkasnya.

Lewat kolaborasi film mini dokumenter bersama brand tetes mata Insto, Nia Dinata ingin mengajak anak muda secara jujur dan kritis menyampaikan apa yang terjadi di sekitar mereka dan apa yang dialami lewat sudut pandang mereka masing-masing.

“Untuk terjun ke industri film yang penting adalah edukasi. Mereka tidak bisa langsung belajar dari hal yang komersil saja, tapi belajar dari sesuatu yang idealis, kritis terhadap isu. Tidak bisa hanya membuat sesuatu yang fun saja,” pesan Nia Dinata.

(uli / gur)

Penulis Romauli Gultom
Editor Tubagus Guritno
YANG INI LEBIH HEBOH
loading...
KOMENTAR
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi tabloidbintang.com. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.