Ini Penjelasan Joan Indonesian Idol Soal Suntik Steroid untuk Atasi Masalah Suara

Altov Johar | 10 April 2018 | 14:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Beberapa kali Joan Veroni tampil kurang stabil dalam aksinya di panggung Indonesian Idol 2018. Bahkan tak jarang Joan keteteran saat beraksi di hadapan penonton, karena suaranya yang habis.

Joan tak menyangkal apa yang dikatakan Maia Estianty. Bahwasannya ia sempat pergi ke dokter guna mengobati pita suaranya yang luka, dengan cara disuntik. Itupun satu kali dilakukannya selama berada di Indonesian Idol.

"Kenapa disuntik, untuk mengurangi rasa sakitnya. Jadi untuk suntik-suntik itu tidak, Joan baru pertama kali suntik sejak di Idol," ujar Joan di Kawasan Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Selasa (10/4) dini hari.

Diakui Joan, kondisi itu dipicu karena dirinya belum mengetahui tentang penempatan nada dan teknik menyanyi yang benar. Sementara suaranya yang kuat, membuat pita suaranya lecet.

"Saat bernyanyi, Joan mengeluarkannya terlalu powerful sehingga dari diafragma mendorong terlalu kuat ke pita suara. Joan pintanya suaranya kecil, dan punya power itu besar, itu yang membuat pita suara Joan lecet," paparnya.

Oleh karena itu, Joan merasa bersyukur dapat belajar banyak di Indonesian Idol 2018. Contohnya tentang bagaimana teknik bernyanyi yang baik dan benar, sehingga tak berdampak pada pita suaranya.

"Jujur banyak pelajaran yang Joan dapat di sini, ya seperti suara rusak dan lain-lain. Joan punya suara belum bisa menemukan penempatan suara yang pas," pungkas Joan.

(tov/bin)

Penulis : Altov Johar
Editor: Altov Johar
Berita Terkait