SMPI Al Azhar 1 Jakarta Ikut Festival Internasional di Turki

Herri Hermawan Senin, 16 April 2018 22:10:23

TABLOIDBINTANG.COM - Sekolah Menengah Pertama Islam (SMPI) Al Azhar 1 Jakarta memberangkatkan perwakilan siswa-siswinya ke Turki untuk tampil dalam ajang bertajuk "13th Pendik Internasional Children's Festival".

14 penari ditambah 12 pemusik akan maramaikan acara tersebut. Rombongan bertolak ke Turki pada 16 April 2018 dan kembali ke Tanah Air pada 29 April 2018.

Kepala sekolah SMPI Al Azhar 1 Jakarta, Ruli Rusfani mengaku bangga. Diungkapkan saat pelepasan rombongan misi budaya tersebut pada Jumat (13/04) siang, "harapan saya ya, dengan ajang ini mereka menjadi cinta dan dapat melestarikan budaya tari nusantara" ujar Ruli.

Sebagai sekolah favorit, kegiatan misi budaya di kancah internasional sudah berlangsung sejak 20 tahun lalu.  

Namum hal tersebut tak mengurangi minat dan semangat siswa-siswi untuk mendalaminya. Dengan jadwal belajar mengajar yang padat, para guru dan siswa memanfaatkan waktu liburnya untuk berlatih.  

Pihak sekolah sendiri butuh Enam bulan untuk mengaudisi hingga latihan demi hasil yang maksimal "mereka latihan sampai Tiga bulan untuk 5 tarian,  luar biasa"  ungkap Ruli.

Keberangkatan SMP Al Azhar 1 Jakarta ke negeri Turki tidak lepas dari peran Internasional of Council Organzation of Folklore Festival and Folk Arts (CIOFF). Organisasi yang telah berdiri dari puluhan tahun yang lalu ini menjadi jembatan bagi budaya tari untuk tampil di acara bertaraf internasional.

Presiden CIOFF Indonesia, Said Rachmat mengungkapkan bahwa kerja sama dengan Al Azhar tak hanya kali ini saja. Telah 20 kali CIOFF dan Al Azhar menjalin hubungan untuk misi kebudayaan.

"Al Azhar di mata CIOFF Indonesia telah mendapat tempat yang spesial. Sekolah ini telah dikenal dunia melalui pelestarian seni dan menjaga budaya Indonesia," papar Said saat ditemui di aula Al Azhar 1 Jakarta.

Acara yang akan digelar di kota Pendik,  Turki ini diikuti oleh 11 negara. Adapun Tiga negara dari Asia salah satunya adalah Indonesia.

Dalam festival tersebut,  siswa dan siswi SMP 1 Al Azhar Jakarta akan membawakan 5 tarian tradisional Indonesia. Tarian tersebut terdiri dari tari Greget Jawara,  Enggan Balian,  Yapong,  Tor Tor dan Saman.  

Dengan adanya festival 13th Pendik Internasional Children's Festival ini CIOFF Indonesia berharap SMP Al Azhar 1 dapat mengharumkan nama bangsa Indonesia.

"Festival ini cukup terkenal dan sudah digelar 13 kali,  dan Indonesia selalu iku.  Semoga dengan budaya nama negara kita selalu harum dimata dunia" pungkas Said Rachmat.

Penulis Herri Hermawan
Editor Tubagus Guritno
YANG INI LEBIH HEBOH
loading...
KOMENTAR
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi tabloidbintang.com. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.