Soal Cover Lagu Akad, Ayah Hanin Dhiya Menghubungi Payung Teduh

Wayan Diananto | 21 Oktober 2017 | 23:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Akhir September lalu vokalis Payung Teduh, Mohammad Istiqomah alias Is mengunggah video berisi peringatan terhadap musisi yang membuat cover, lagu lalu menjualnya di situs musik digital. Warganet kemudian berasumsi, peringatan Is ditujukan kepada Hanin Dhiya (16). Seperti diketahui, cover lagu "Akad" versi Hanin Dhiya di situs berbagi video YouTube ditonton lebioh dari 39 juta kali. Kepada tabloidbintang.com, Hanin Dhiya angkat suara.

Hanin Dhiya mengatakan, ayahnya sempat menemui pihak Payung Teduh. "Pertemuan berlangsung di Bogor. Pertemuan itu dimediasi oleh teman ayah yang juga mengenal manajemen Payung Teduh. Mereka menyatakan tidak apa-apa bikin cover lagu Payung Teduh. Yang menjadi masalah, ketika lagu cover itu dikomersilkan tanpa izin," terang Hanin Dhiya dalam sesi wawancara empat mata.

Manajemen Hanin Dhiya telah bertemu. Kini Hanin Dhiya dan timnya tinggal menunggu keputusan Payung Teduh ke depan. Terkait isu membuat cover lagu harus izin, Hanin Dhiya punya jawaban sendiri. Setahu Hanin Dhiya, membuat cover lagu tidak ada ketentuan mesti izin. Jika harus izin, maka saat hendak meng-cover lagu "Stand Up For Love" misalnya, orang itu harus izin ke Destiny's Child.

"Kalau mesti izin ke yang punya lagu, saya percaya jumlah cover lagu di YouTube tidak akan sebanyak sekarang. Soal izin dan bagi hasil, YouTube sudah menyediakan jalan. Kalau pencipta lagu asli ingin mengambil haknya, harus punya identitas konten, dan setahu saya bisa klaim. Kalau lagu cover, biasanya dibagi dua," terang Hanin Dhiya.

( wyn / wyn )

Penulis : Wayan Diananto
Editor: Wayan Diananto
Berita Terkait