Diserang Thor, Pengabdi Setan Masih Bertahan di 200 Layar

Wayan Diananto | 27 Oktober 2017 | 05:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Pekan ini, film Thor: Ragnarok menggebrak jaringan bioskop Tanah Air. Si Dewa Petir itu dikabarkan menguasai tak kurang dari 700 layar di seluruh Indonesia. Dampaknya, dominasi film Pengabdi Setan mulai berkurang. Meski demikian, film karya Joko Anwar (41) ini masih diputar di lebih dari 100 layar. Joko Anwar mengatakan, Pengabdi Setan masih bertahan di 201 layar hingga Kamis (26/10) kemarin. Ia bersyukur, Ibu masih bisa bertahan di bioskop.

Joko Anwar menduga, masa edar film yang panjang tak luput dari peran penonton. "Penonton kalau diikutsertakan dalam kampanye film, mereka merasa turut memiliki film tersebut. Mereka akan berpikir, ini film kita. Pengabdi Setan tidak akan sesukses sekarang kalau tidak didukung banyak pihak termasuk penonton. Sukses ini juga karena kekuatan word of mouth. Habis menonton, orang menceritakan apa yang mereka rasakan," urai Joko Anwar di Jakarta, pekan ini.

Banyak pihak menilai, melalui Pengabdi Setan Joko Anwar berhasil mengawinkan aspek komersil dengan kualitas kelas festival. Joko berterima kasih atas apresiasi dan penilaian itu. Ia menyebut, selama syuting Pengabdi Setan, tidak pernah kompromi. Produser Rapi Films, Sunnil Samtani memberi kebebasan selama kualitas film dijaga sampai akhir. Joko Anwar menambahkan pandangan yang menyebut Pengabdi Setan proyek idealis tak sepenuhnya tepat.

"Kata idealisme itu menurut saya tidak eksis. Ada sineas yang idealismenya adalah membuat film komersil. Tidak apa-apa. Yang jelas, Pengabdi Setan saya buat agar pandangan bahwa genre horor di Indonesia itu genre kelas 2 berubah. Genre horor itu sangat populer. Jika digarap serius, ia bisa menjadi salah satu penggerak film Indonesia," pungkas Joko Anwar.

Penulis : Wayan Diananto
Editor: Wayan Diananto
Berita Terkait