Kick Andy Metro TV Minggu Ini: Pelestari Badak Jawa dan Pendiri Museum Musik

Redaksi Jumat, 13 Desember 2019 18:00:14
Program Kick Andy minggu ini menghadirkan narasumber yang berhasil mewujudkan mimpi dan memberikan dampak positif terhadap lingkungan sekitar.

TABLOIDBINTANG.COM - Program Kick Andy minggu ini menghadirkan narasumber yang berhasil mewujudkan mimpi dan memberikan dampak positif terhadap lingkungan sekitar. Narasumber pertama adalah Kemal Rifky dan William Sugiharto. Mereka pendiri Sondaicus Project yang dibentuk pada tahun 2016. 

Dengan mimpinya melestarikan Badak Jawa yang berada di Taman Nasional-Ujung Kulon, Sondaicus Project menggalang dana untuk membeli mesin perahu yang hilang. Perahu tersebut berguna untuk patroli, salah satunya untuk menjaga Badak Jawa yang kini tersisa 67 ekor. Sondaicus Project juga banyak membantu beberapa kebutuhan di sekitar Taman Nasional-Ujung Kulon, seperti pelestarian terumbu karang dan membentuk klub sepak bola untuk media penyuluhan.

Narasumber berikutnya adalah Rohman Gumilar. Pria ini bermimpi warga desanya memiliki pendidikan tinggi, tidak seperti dirinya yang hanya lulus Sekolah Dasar. Ia mendirikan Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Bina Kreasi Muda di desa Kadakajaya Sumedang, Jawa Barat. TBM yang didirikan Rohman pada tahun 2010 telah mengubah pandangan warga tentang pentingnya pendidkan. Ia membeli buku untuk TBM Bina Kreasi Muda dari hasil kerjanya sebagai kuli bangunan dan kerja di pabrik sejak lulus SD. Kini banyak warga Kadakajaya yang telah menempuh pendidikan tinggi. Rohman juga telah menyelesaikan paket C atau pendidikan kesetaraan setingkat SMA. Sejak dua tahun lalu, Rohman bekerja sama dengan sebuah SMA membuka sekolah terbuka dan gratis.

Narasumber terakhir adalah Hengki Herwanto, pemilik Museum Musik Indonesia yang didirikan pada tahun 2009 di Malang, Jawa Timur. Museum Musik Indonesia mempunyai peran yang besar, khususnya para mahasiswa maupun peneliti untuk mencari data berupa rekaman musik. Museum Musik Indonesia memiliki 26.000 koleksi yang sebagian besar berupa rekaman dari Indonesia dan mancanegara seperti kaset, CD dan piringan hitam. 

Museum ini juga mengkoleksi benda-benda milik musisi Indonesia, seperti baju panggung milik Dara Puspita, topi milik Iwan Fals serta baju dan kaset milik Guruh Soekarno Putra. Saksikan selengkapnya di program Kick Andy episode Jumat, 13 Desember 2019 pukul 19.30 WIB di Metro TV. 

Penulis Redaksi
Editor Suyanto Soemohardjo
Install App Bion
Akses berita dan gosip lebih mudah
Download Aplikasi Android
Google playstore
YANG INI LEBIH HEBOH
KOMENTAR
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi tabloidbintang.com. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.