Air Mata Istri, Obat Rindu Serial Filipina

Panditio Rayendra | 14 April 2015 | 13:13 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - PADA era 90-an hingga 2000-an, ada beberapa serial Filipina yang sempat menghiasi layar stasiun TV Indonesia.

Judul yang pernah tayang di Indonesia; Mara Clara, Impian Arabella, Marimar, Marina dan beberapa judul lain.

Dilihat dari pemilihan cerita, serial Filipina mirip-mirip dengan sinetron Indonesia. Mungkin yang membedakan adalah penggambaran adegan romantis, di mana berciuman atau adegan ranjang hal yang lazim di serial berbahasa Tagalog.

Nah, mulai Senin (13/4) pukul 23.00 WIB, Rajawali Televisi atau RTV menayangkan sebuah serial Filipina, Air Mata Istri. Serial ini terbilang baru, karena di Filipina tayang pada 27 Januari 2014-13 Juni 2014.

Air Mata Istri mengisahkan sosok Monica (Angel Locsin). Monica kecil hidup sederhana namun bahagia bersama sang ibu, Eloisa (Rio Locsin) dan pria yang dikira ayahnya, Dante Ramos (Mark Gil).

Padahal ayah sebenarnya dari Monica adalah Javier (Christopher de Leon). Eloisa yang miskin, dipaksa ibunya menikah dengan Javier yang merupakan anak orang kaya untuk bisa melunasi hutang. Dari pernikahan ini lahir tiga anak; Javi (Joem Bascon), Jasper (Ahron Vilena) dan Monica.

Rumah tangga Javier dan Eloisa cenderung naik-turun. Puncaknya, suatu hari Dante, pria yang dicintai Eloisa, datang untuk mengabari ibu Eloisa meninggal. Eloisa ternyata masih mencintai Dante. Demikian sebaliknya.

Eloisa nekad membawa kabur Monica yang masih bayi dan tinggal bersama Dante dengan kehidupan pas-pasan. Sementara Javier mengajak dua putranya ke Amerika.
Setelah Monica sudah duduk di bangku SD, Javier pulang ke Manila bersama dua putranya. Ketika Javier dan Eloisa janjian bertemu, Monica mengalami kecelakaan. Javier mau membiayai pengobatan asal Eloisa dan Monica kembali padanya. Eloisa tak punya pilihan.

Tinggal serumah, Monica kerap difitnah kakak laki-lakinya. Javier yang membesarkan putranya, tak mau disalahkan dan menganggap Eloisa salah didik anak. Sampai dewasa, Monica selalu dianggap remeh oleh ayah dan kakak laki-lakinya.

Kekecewaan Monica terhadap laki-laki terobati saat bertemu Adrian (Jericho Rosales). Setelah menikah, cobaan datang. Adrian berselingkuh dengan Nicole (Maja Salvador). Monica yang berstatus sebagai istri sah tak mau tinggal diam.

Kisah seperti ini memiliki potensi disukai penonton TV Indonesia. Yang menjadi pertanyaan, mengapa RTV menayangkannya begitu larut, pukul 23.00 WIB? Padahal tema yang diusung sangat ibu-ibu. Dalam penayangan Senin malam, kami melihat labelnya Remaja Bimbingan Orangtua, bukan Dewasa.

Coba ditayangkan pukul 16.00 WIB, setelah drama Korea, mungkin akan lebih potensial memikat penonton. Semoga saja RTV konsisten menayangkan keseluruhan episode, yang mencapai jumlah 100.

(ray/gur)

Penulis : Panditio Rayendra
Editor: Panditio Rayendra
Berita Terkait