[RESENSI FILM] Rasuk: Materi Potensial yang Digarap Tergesa-gesa

Wayan Diananto | 8 Juli 2018 | 02:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Rasuk mengingatkan kami pada adegan film horor Indonesia tempo dulu di era 1980-an. Kami lupa judulnya. Adegan itu hingga sekarang membekas di ingatan yakni, hantu bermuka pucat memakai kerudung putih yang mendadak muncul dari luar jendela.

Penampilan hantu Kumala Sari mirip adegan di film horor jadul itu. Bedanya, mukanya lebih hancur. Rasuk membawa efek nostalgia dan seram. Namun ada sejumlah catatan kritis untuk film ini.

Kumala Sari berpotensi menjadi karakter ikonis film horor Indonesia. Saat kamera membidik wajahnya dari dekat diiringi musik mengentak, tercipta efek kejut yang bikin jantung rasanya mau copot. Di sisi lain, ada materi yang tak kalah bagus yakni empat cewek yang tampak bahagia namun menyimpan masa lalu gelap. Jika diolah dengan detail, bisa menjadi fondasi drama sehingga Rasuk tidak menebar teror belaka.

Belum lagi kisah sempalan tentang ayah yang tidak terima putrinya dinodai lalu menimba ilmu hitam, terasa dekat dengan masyarakat Indonesia. Sayang, materi sekuat ini saat diterjemahkan ke dalam gambar bergerak tampak loyo. Ada beberapa gambar yang tidak kontinu. Saat konflik meninggi, penyelesaiannya terkesan tergesa-gesa. Dari hutan terpencil, masalah langsung beralih ke rumah. Instan, cenderung menggampangkan persoalan.

Dikisahkan empat cewek geng Putri Sejagat yakni Langgir Janaka (Shandy), Fransisca Inggrid (Denira), Sekar Tanjung (Gabriella), dan Lintang Kasih (Josephine) mengadakan perjalanan ke vila Karma Rinjani Utara. Di tengah jalan, mereka tersesat dan bertemu seorang perempuan. Perempuan ini menunjukkan jalan ke vila. Di sana, mereka disambut penjaga vila, Cecep (Baron).

Ternyata, di vila itu ada Abimanyu (Miller), cowok yang diam-diam disukai Langgir dan kini menjadi pacar Inggrid. Langgir marah besar mengetahui cowok yang diincarnya jatuh ke pelukan sahabatnya sendiri. Malam itu juga ia memutuskan pulang. Saat melintasi hutan, ia bertemu perempuan yang menolongnya mencapai vila. Namun, wajah perempuan ini telah berubah.

Pemain    : Shandy Aulia, Miller Khan, Denira Wiraguna, Gabriella Desta, Josephine Firmstone
Produser    : Dheeraj Kalwani
Sutradara    : Ubay Fox
Penulis        : Alim Sudio, Risa Saraswati
Produksi    : Dee Company
Durasi        : 1 jam, 30 menit

(wyn / gur)

Penulis : Wayan Diananto
Editor: Wayan Diananto
Berita Terkait