Kulari Ke Pantai : Film Anak dan Nilai yang Tak Lekang Dimakan Zaman

Wayan Diananto | 16 Juli 2018 | 10:10 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Sam (Maisha Kanna), yang hobi berselancar dan tinggal di Rote, NTT, berniat melakukan perjalanan darat bersama ibunya, Uci (Marsha Timothy), menuju Pantai G-Land di Banyuwangi.

Mendengar rencana ini, kakak ipar Uci, Kirana (Karina Suwandi), berencana mengikutsertakan putrinya, Happy (Lil’li Latisha) yang kian manja dan sombong. Kirana berharap perjalanan ini mengubah sudut pandang putrinya. Perbedaan gaya hidup membuat Sam dan Happy kerap bertengkar.

Menonton Kulari ke Pantai terasa seperti menyaksikan 3 Hari untuk Selamanya dengan cita rasa Petualangan Sherina yang kental. Konfliknya dekat dengan penonton cilik maupun orang dewasa. Kami yakin, isu yang diusung film ini punya dampak positif yang besar bagi anak-anak.

Kulari Ke Pantai bicara pentingnya memahami dan menghargai perbedaan, mencoba hal baru, serta menentukan prioritas ketika beberapa kepentingan beradu. 

Tema ini relevan di tengah panasnya lini masa jagat maya dan suhu politik di dunia nyata. Ditampilkan dengan visualisasi sederhana, bahasa lugas sekaligus realistis, jauh dari kesan dibuat-buat atau sengaja menggurui, membuat karya Riri ini layaknya lentera yang menerangi batin. 

Maisha maupun Lil’li tampil luwes. Maisha terampil mengekspresikan perasaan sementara Lil’li dengan aksen Inggrisnya yang fasih kerap mengundang tawa penonton. Keduanya membentuk chemistry rindu-dendam yang sangat natural. 

Performa Marsha sedikit banyak mengingatkan kami pada kebesaran aktingnya sebagai Marlina, si pembunuh dalam empat babak. Ndilalah, Kulari Ke Pantai dan film Marlina memiliki kemiripan latar belakang budaya, terutama aspek penggunaan bahasa dan aksen. 

Sebagai film anak, Kulari ke Pantai memenuhi semua syarat film anak yang ideal. Ia punya nilai-nilai yang tak lekang di makan zaman namun tetap menghibur. Selera humornya menggelitik tapi tetap aman bagi segala usia. Yang tidak kalah penting, lagu-lagu ceria persembahan RAN. Lagu “Kulari Ke Pantai” tampaknya akan menjadi salah satu soundtrack terbaik tahun ini. Inilah sajian yang jarang ada di sinema kita, sangat sayang untuk dilewatkan.

Pemain    : Maisha Kanna, Lil'li Latisha, Marsha Timothy, Lukman Sardi, Karina Suwandi
Produser    : Mira Lesmana
Sutradara    : Riri Riza
Penulis        : Mira Lesmana, Riri Riza, Gina S. Noer, Arie Kriting
Produksi    : Miles Films
Durasi        : 1 jam, 53 menit

(wyn / gur)

Penulis : Wayan Diananto
Editor: Wayan Diananto
Berita Terkait