Kesuksesan The Meg Berpotensi Menyaingi Jaws

Yuriantin | 27 Agustus 2018 | 03:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Bukan hal baru bila The Meg berlanjut ke seri kedua. Sebelumnya, Jaws (1975) lebih dulu melakukannya.

Mengumpulkan 470 juta dolar, Jaws menempati rekor sebagai film live action atau aksi langsung hiu terlaris sepanjang masa.

Karya sineas Steven Spielberg ini diadaptasi dari novel Peter Benchley, yang terinspirasi serangan hiu di pinggir pantai Jersey pada 1916.

Laku keras, Jaws berlanjut hingga seri keempat. Total waralaba ini mendapatkan 788,5 juta dolar. Angka yang sangat fantastis mengingat keempat film ini rilis dalam kurun waktu 1975-1987.

Dua dari empat film Jaws juga masih tak tergoyahkan di puncak daftar film aksi langsung hiu berpenghasilan tertinggi. Sempat beredar rumor, Universal Studios akan mendaur ulang waralaba Jaws dalam format tiga dimensi pada 2010 lalu.

Berkaca kepada kesuksesan waralaba Jaws, studio Hollywood berlomba-lomba menelurkan film hiu versus manusia. Mulai dari film dokumenter, fiksi ilmiah, thriller, sampai horor fiksi ilmiah.

Namun hanya segelintir yang bisa menyaingi popularitas Jaws. Di antaranya Deep Blue Sea (1999) dan The Shallows (2016).

Deep Blue Sea mengantongi 164 juta dolar dan berada di posisi ketiga dari segi pendapatan, di bawah Jaws dan Jaws 2. Menyusul The Shallows di posisi keempat dengan 119 juta dolar.

Posisi The Shallows kini telah disalip The Meg. Baru wira-wiri di layar bioskop sepekan, The Meg berpotensi terus merangsek naik dan menggeser total penghasilan Deep Blue Sea bahkan Jaws. 

(yuri / gur)

Penulis : Yuriantin
Editor: Yuriantin
Berita Terkait