RESENSI The Nun, Valak Diteror Nama Besarnya Sendiri

Panditio Rayendra | 5 September 2018 | 14:10 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - SATU lagi spin-off dari The Conjuring dirilis, The Nun. Film The Nun mengangkat kisah Valak, sosok iblis berpakaian biarawati yang selalu mencuri perhatian di beberapa seri The Conjuring sebelumnya.

Konflik The Nun dimulai dari seorang biarawati, Victoria, yang ditemukan tewas gantung diri. Pastor Burke (Demian Bichir) diutus keuskupan Vatikan untuk menyelidiki insiden yang terjadi di biara tua yang terletak di Rumania. Pastor Burke mengajak Irene (Taissa Farmiga), seorang calon biarawati. Di Rumania, mereka dikawal oleh Frenchie (Jonas Bloquet), pemuda yang pertama kali menemukan mayat suster Victoria.

The Nun yang disutradarai Corin Hardy, tidak sekadar menyoroti misteri kematian Victoria. Pastor Burke memiliki masa lalu yang traumatis. Sebuah insiden dalam pengusiran setan di masa lalu, terus menerornya dan berpengaruh pada investigasi yang tengah dilakukannya. Irene yang belum juga mengambil sumpah sebagai biarawati, membuat penonton bertanya-tanya alasan mengapa ia masih ragu.

The Conjuring memiliki pasangan suami istri Ed dan Lorraine Warren, yang chemistrynya terjalin kuat di tangan Patrick Wilson dan Vera Farmiga. Sedangkan The Nun, punya Burke - Irene, yang boleh dibilang mentor dan murid. Sebagai guru dan murid, interaksi Bichir dan Taissa Farmiga kurang meyakinkan. Bichir dan Farmiga asyik sendiri dengan karakter yang mereka perankan. Suasana menggemaskan justru terjalin saat Irene berusaha menjaga sikap di depan Frenchie yang kerap menggodanya. Tapi hei, ini bukan Merpati Tak Pernah Ingkar Janji.

The Nun memiliki set yang klasik, megah, sekaligus creepy. Tata cahaya yang remang-remang dan scoring minimalis, berhasil menjaga mood kelam sepanjang film. Permainan kamera, beberapa kali menghasilkan jumpscare yang mencekam. Tapi dari sisi orisinalitas, tidak se-mind-blowing The Conjuring 1 atau 2. Sementara dari segi cerita, The Nun bingung menentukan fokus.

Latar belakang Pastor Burke dan sikap gamang Irene, pada akhirnya lebih dominan dibanding sosok The Nun atau Valak itu sendiri. Film yang ceritanya dibuat James Wan dan Gary Dauberman memang memberikan jawaban soal Valak, namun poin ini justru terasa numpang lewat. Tak sebanding dengan 'nama besar' yang dimiliki karakter Valak itu sendiri. Jika sebagai iblis yang muncul sekelebat saja di beberapa seri The Conjuring Valak bisa jadi 'headline', seharusnya ia bisa lebih perkasa saat dibuatkan film sendiri. Sayang.

(ray/ray)

Penulis : Panditio Rayendra
Editor: Panditio Rayendra
Berita Terkait