[RESENSI] Searching: Bagus dan Sangat Penting untuk Para Orang Tua

Wayan Diananto | 7 September 2018 | 06:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Perhatian: Film ini hanya berkonten aktivitas di layar monitor komputer.

Saat Anda menonton film ini, layar bioskop tidak akan melebar ke sini kanan dan kiri. Tujuannya, agar seukuran dengan layar monitor komputer atau laptop yang sering kita gunakan.

Layaknya komputer, layar menyala lalu muncul latar padang rumput berikut birunya cakrawala. Lalu kursor digerakkan oleh pengguna yang belakangan diketahui bernama David Kim (John). David membuka sejumlah aplikasi termasuk menghubungi putrinya, Margot (Michelle) lewat FaceTime.

Margot mengabari, ia sedang belajar kelompok di rumah Abigail (Briana). Hingga larut malam, ia belum pulang. Margot sempat menelepon, sayang David ketiduran.

Keesokan harinya, David menelepon balik namun tidak direspons. Jam-jam berlalu, David sadar ada yang tidak beres. Ia menghubungi polisi lalu ditolong Detektif Vick (Debra). Sambil menanti penyidikan Vick, David menyusup ke sejumlah akun medsos Margot. Di sanalah ia mengenal Margot sebenarnya.

Searching berkonsep unik. Ia mengondisikan penonton menghadap layar komputer bersama David. Dari monitor itu, cerita bergulir. Mayoritas berisi percakapan David dengan Margot, Vick, Abigail, guru les piano, dan teman-teman Margot yang tidak begitu dikenalnya. Sesekali kita melihat David meninggalkan komputer dan apa yang dilakukannya lewat sejumlah kanal yang dibiarkan terbuka di layar. 

Meski tak ada adegan dialog tatap muka, Searching tak membosankan. Penulis naskah cakap menata dialog, mengelola ketegangan, menempatkan sejumlah petunjuk dengan lembut, lalu membalik asumsi penonton yang tersusun sejak awal. Layar monitor merekam berbagai situasi. 

Selain naskah, ketegangan dibangun dari suara dan musik melapisi kasus Margot. Modal utama Searching, naskah brilian dan gaya penuturan yang tak biasa. Tanpa bujet fantastis dan aktor ternama, ia berhasil membuat penonton bertanya-tanya dan syok di sepertiga akhir film. 

Searching menyindir perilaku orang tua dan anak yang mencandu gawai. Ia mengkritik orang tua yang merasa sudah mengenal anak mereka. Padahal di medsos, si anak menjadi orang lain. Sebagai cermin sosial, Searching sukses menjalankan tugas di level paripurna. Ia salah satu film terbaik dan penting tahun ini. Kami tak akan lupa reaksi David (yang tampak di kamera) mendapati perilaku putrinya di medsos. Anda jangan kaget kalau suatu saat bertemu orang di jagat maya dan ternyata itu si kecil yang sedang Anda besarkan. 

Pemain : John Cho, Michelle La, Debra Messing, Briana McLea

Produser : Timur Bekmambetov, Natalie Qasabian, Sev Ohanian, Adam Sidman

Sutradara : Aneesh Chaganty

Penulis : Aneesh Chaganty, Sev Ohanian

Produksi : Sony Pictures Releasing, Bazelevs Entertainment 

Durasi : 1 jam, 42 menit

(wyn / gur)

Penulis : Wayan Diananto
Editor: Wayan Diananto
Berita Terkait