[RESENSI FILM] 7 Days: Tidak Sulit Dinikmati dan Tetap Menghibur

Wayan Diananto | 15 September 2018 | 10:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Sesekali liriklah beberapa film dari negara tetangga. Malaysia pernah melahirkan karya fenomenal Munafik.

Tetangga jauh kita, Thailand juga memproduksi film dengan genre bervariasi. Salah satunya, 7 Days yang diputar di jaringan CGV Cinemas, Cinemaxx, dan Platinum Screen.

Film ini mengisahkan Meen (Nittha) yang resah karena sang kekasih, Tan (Kan) menghilang. Meen merasa bersalah karena sehari sebelumnya ia dan Tan bertengkar. Rupanya, Tan mengalami kejadian aneh. 

Tan sebenarnya tidak hilang melainkan rohnya berpindah-pindah raga. Kejadian tak biasa yang menimpa Tan dan Meen melibatkan laki-laki bernama Giorgio (Lawrence).

Yang ditawarkan 7 Days, kisah cinta dengan sentuhan fantasi yang belakangan agak jarang dieksplorasi oleh sineas Hollywood. Meski kental unsur fantasi, sineas Panjaping punya cara untuk membangun koneksi dengan penonton sehingga kisah ini nyaris tak berjarak. 

Inilah keunggulan gaya tutur Panjaping. Menilik judulnya, Panjaping berusaha menjadikan hari demi hari yang dilewati pasangan Meen-Tan penuh warna. Di sisi lain, ia mengajak penonton mengambil hikmah di setiap hari yang dijalani Meen-Tan. Men-Tan berproses setiap hari, kita juga. 

Yang disajikan Panjaping sebenarnya pesan lawas. Tentang pentingnya saling memahami dalam menjalani hubungan. Namun kisah dengan latar dan kejadian yang tak biasa membuat pesan ini terasa asyik diikuti apalagi, ada twist menjelang akhir cerita. Suasana film yang penuh gelak tawa pada paruh pertama perlahan berbalik 180 derajat.

Tidak ada film yang sempurna, termasuk 7 Days. Penonton butuh waktu untuk memahami proses pindah raga yang dialami Tan. Beda tubuh yang dihinggapi, beda pula karakter. Kita dituntut cepat menyesuaikan diri dengan tubuh serta karakter baru.

Belum lagi, gaya komedi sineas Thailand bisa jadi kurang familier bagi kita. Ada yang bikin kita terpingkal, ada pula yang membuat kita mengernyitkan dahi. Namun secara keseluruhan, film ini tidak sulit dinikmati dan tetap menghibur. 

Pemain : Lawrence de Stefano, Ananda Everingham, Nittha Jirayungyurn, Kan Kantathavorn 

Produser : Krit Vitayasamrit

Sutradara : Panjaping Kongkanoy

Penulis : Panjaping Kongkanoy

Produksi : Sahamongkol Film

Durasi : 1 jam, 51 menit

(wyn / gur)

Penulis : Wayan Diananto
Editor: Wayan Diananto
Berita Terkait