Fantastic Beast The Crimes of Grindelwald, Banyak Subplot Memecah Konsentrasi

Wayan Diananto | 2 Desember 2018 | 12:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Dalam Fantastic Beasts and Where to Find Them (2016), Newt Scamander (Addie) mengumpulkan sejumlah satwa langka untuk dinamai dan dijaga.

Kini, ia dihadapkan dengan masalah baru. Narapidana kelas kakap Grindelwald (Johnny), yang hendak dipindahkan dari Kementerian Sihir Amerika ke Eropa kabur. Grindelwald menyusun rencana untuk merusak perdamaian para penyihir dan manusia yang telah berlangsung seabad lebih.

Rencana itu melibatkan Credence Barebone (Ezra Miller) yang diyakini sebagai keturunan  pemilik darah murni terakhir penyihir. Bersama ketiga sahabatnya, Jacob (Dan), Queenie (Alison), dan Tina (Katherine), Newt berupaya mencegah pertemuan Credence dengan Grindelwald.

Belakangan terkuak fakta, salah satu kawan lama Newt, Leta (Zoe) melihat bayi Credence mengambang di dasar lautan lewat alam pikirannya. Leta kemudian membuka identitas Credence yang sebenarnya. 

Sama seperti Robin Hood, problem Fantastic Beats ada di naskah. Mendekati akhir cerita, naskahnya seperti air yang membasahi kain. Ia merembes ke berbagai arah lalu susah payah balik ke konflik utama. Mendekati adegan pertemuan Credence-Grindelwald, ada beberapa versi seputar jati diri Credence yang mesti dikonfirmasi. 

Begitu pula hubungan Queenie-Jacob yang mirip benang kusut. Belum lagi hubungan Credence dan Nagini, karakter wanita ular yang hampir jatuh ke tangan Acha Septriasa. Banyak subplot tidak berkembang sempurna. Dengan durasi terbatas, penyelesaian konflik di tiap subplot terkesan tidak rapi. Kurang tuntas. Padahal dari aspek akting, sama sekali tidak mengecewakan. 

Interaksi Eddie-Katherine di perpustakaan yang malu-malu kucing dalam melempar pujian sukses membuat kami senyum-senyum sendiri. Performa Johnny Depp bikin pangling. Di sisi lain, konflik batin Leta dibawakan dengan penjiwaan yang stabil oleh Zoe.     

Subplot yang mendistraksi konflik utama membuat The Crimes of Grindelwald kurang klimaks. Sejumlah kritikus menyebut jilid ini akan jadi film dengan pendapatan terendah dalam waralaba Harry Potter meski memuncaki tangga box office AS pekan lalu. Jika benar, ini menjadi lampu kuning bagi David Yates di masa mendatang. 

Pemain    : Eddie Redmayne, Katherine Waterston, Dan Fogler, Alison Sudol, Johnny Depp
Produser    : David Heyman, J.K. Rowling, Steve Kloves, Lionel Wigram
Sutradara    : David Yates
Penulis        : J. K. Rowling
Produksi    : Warner Bros. Pictures
Durasi        : 2 jam, 14 menit

(wyn / gur)

Penulis : Wayan Diananto
Editor: Wayan Diananto
Berita Terkait